Rechercher dans ce blog

Tuesday, January 17, 2023

Tanpa Oven Juga Bisa Bikin Kue Enak dan Nikmat, Coba Yuk ! - SuaraPoptren

Poptren.suara.com - Ingin membuat kue tapi belum memiliki oven ? Kukus saja. Metode kukus menjadi andalan jika seseorang ingin membuat kue namun belum memiliki oven, atau masih pemula. Walaupun menggunakan metode kukus, kue yang dibuat dengan metode ini tidak kalah enak dengan kue yang menggunakan metode panggang.

Metode kukus dinilai lebih praktis, terutama untuk pemula karena dalam penggunaannya, metode kukus lebih mudah dilakukan dan tidak mengurangi rasa enak dari kue yang dibuat. Metode kukus umum dilakukan untuk membuat kue seperti bolu, brownies, kue lapis, kue gulung bahkan roti. Tidak hanya itu, metode kukus juga dinilai lebih ekonomis karena harga kukusan relatif lebih terjangkau daripada harga oven.

Salah satu kue gulung yang menggunakan metode kukus adalah kue gulung polkadot. Kue dengan motif bulat-bulat ini merupakan salah satu kue yang sulit ditolak, terutama anak-anak, karena menggemaskan. Bila melihat kue tersebut di toko-toko roti dan kue, harga yang dibandrol cukup menguras kantong, berkisar Rp. 80.000 hingga ratusan ribu.

Daripada beli, lebih baik bikin sendiri. Bahan-bahan untuk membuat kue ini cukup mudah dijumpai di pasar ataupun swalayan. Bagi pemula yang ingin mencoba, bisa ikuti resep berikut ini. Perlu diingat, resep kue ini memakan waktu 60 menit. Selamat mencoba.

Baca Juga:Ingin Nostalgia dengan Kue Putu Ayu, Bikin Sendiri Aja yuk!

Resep kue hulung polkadot

Bahan :

- 10 butir kuning telur

- empat butir putih telur

- 150 gram gula halus

Baca Juga:Teh Earl Grey Jadi Kue?

- setengah sendok teh pengebang kue

- 150 gram tepung terigu protein sedang

- 40 gram tepung maizena

- 25 gram susu bubuk

- 50 gram cokelat bubuk

- 100 gram margarin, cairkan

- 125 ml minyak sayur

- dua sendok makan cokelat pasta

Bahan filling :

- 100 gram butter cream

- 100 gram cream cheese

- 60 ml susu kental manis

- 125 gram plum kering

Cara membuat :

1. Kocok kuning telur, putih telur, gula halus, dan pengembang sampai mengembang dan kental. Sementara itu, campur tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk. Ayak dan sisihkan.

2. Masukkan campuran tepung ke dalam campuran telur sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah. Kemudian tambahkan setengah bagian margarin cair dan setengah bagian minyak sayur, dan kocok perlahan.

3. Ambil seperempat adonan, masukkan dalam kantung plastik segitiga lalu semprotkan adonan bentuk bulat pada loyang persegi yang dialasi kertas roti dan dioles margarin. Simpan dalam lemari es selama kurang lebih 25 menit, sampai agak mengeras.

4. Kukus selama kurang lebih 10 menit. Sementara itu, campur tiga per empat adonan dengan cokelat bubuk, cokelat pasta dan sisa margarin dan minyak goreng.

5. Tuang adonan cokelat ke dalam loyang berisi adonan motif bulat dan ratakan. Kukus selama kurang lebih 25 menit atau sampai matang. Setelah itu, keluarkan dan dinginkan.

6. Untuk membuat filling, campurkan cream cheese, susu kental manis dan butter cream, aduk sampai merata.

7. Setelah kue dingin, oleskan campuran cream cheese. Jangan lupa taburkan plum kering, gulung sampai padat, dan diamkan kurang lebih selama 1 jam. Jangan lupa dipotong-potong sebelum disajikan.

Loading...

Adblock test (Why?)


Tanpa Oven Juga Bisa Bikin Kue Enak dan Nikmat, Coba Yuk ! - SuaraPoptren
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...