Rechercher dans ce blog

Saturday, February 25, 2023

Imut dan Nikmatnya Kue Ang Ku Berbentuk Sayur-Buah di Mojokerto - Detikcom

Mojokerto -

Jika kebanyakan kue ang ku berbentuk tempurung kura-kura, lain halnya dengan bikinan Novi Kurniasari (42). Ibu dua anak asal Mojokerto ini memodifikasi kue tradisional Tionghoa itu dengan bentuk aneka sayur dan buah. Selain imut, rasanya juga nikmat.

Kue ang ku atau kue tok merupakan jajan tradisional pelengkap ibadah warga Tionghoa di kelenteng. Kue ini lazimnya berbentuk tempurung kura-kura, berwarna merah yang melambangkan umur panjang.

Di tangan kreatif Novi, kue tradisional itu dimodifikasi menjadi berbentuk aneka sayur dan buah. Antara lain berbentuk jagung, labu, terong, jeruk, buah persik, apel, stroberi, jambu merah, manggis, belimbing dan wortel.

"Awalnya permintaan untuk hantaran kue ang ku berbentuk buah-buahan dari konsumen di Pulorejo (Kota Mojokerto)," kata Novi kepada detikJatim di rumahnya, Dusun Kasiyan, Desa Domas, Trowulan, Mojokerto, Sabtu (25/2/2023).

Bisnis kue ang ku ditekuni Novi sejak 5 tahun lalu. Untuk mengerjakan pesanan pertamanya, ia rela melakukan uji coba selama satu pekan. Membentuk kue mirip buah-buahan bukanlah perkara mudah. Belum lagi meracik bahan baku agar menjadi jajan yang nikmat.

Kue Ang Ku MojokertoKue Ang Ku berbentu buah dan sayuran yang imut. Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim

Ya, kue buatan Novi ini mempunyai perpaduan rasa yang manis dan gurih. Bagian kulitnya terasa manis, lembut, dan kenyal. Sedangkan isian kacang hijaunya lembut, gurih, serta manisnya tidak bikin enek.

"Yang lama membuat isiannya karena kacang hijau harus direndam satu malam," terangnya.

Setelah direndam semalam, kacang hijau kupas lantas dikukus dan dihaluskan. Kacang hijau kemudian disangrai dengan gula, ekstrak vanili dan santan kelapa. Proses memasak kacang hijau membutuhkan waktu 1,5 jam.

Ada teknik painting di balik pembuatan kue ang ku buah persik. Baca halaman selanjutnya.

Simak Video "Gurih Nikmat Botok Tempe Khas Mojokerto"
[Gambas:Video 20detik]

Adblock test (Why?)


Imut dan Nikmatnya Kue Ang Ku Berbentuk Sayur-Buah di Mojokerto - Detikcom
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...