Rechercher dans ce blog

Thursday, September 7, 2023

Resep Bolu Peca Khas Bugis, Kue Kukus yang Legit dan Lumer di Lidah - detikSulsel

Daftar Isi

Makassar -

Bolu peca adalah kudapan khas Bugis dari Sulawesi Selatan (Sulsel). Kuliner ini identik dengan rasanya yang manis dan lumer di mulut.

Olahan ini termasuk dalam jenis kue basah yang memiliki tekstur luar lembut dan empuk. Kue ini disajikan dengan siraman gula merah yang membuat rasanya semakin legit.

Bagi detikers yang penasaran dengan kue tradisional khas Sulsel yang satu ini, kalian bisa membuatnya sendiri di rumah, loh! Bahan-bahan pembuatan kue ini sangat mudah ditemukan, prosesnya pun sangat sederhana.

Nah, berikut ini resep bolu peca khas Bugis serta tata cara pembuatan yang telah dirangkum detikSulsel.

Simak, yuk!

Resep Bolu Peca Khas Bugis

Bahan Bolu Peca

  • 4 sdm tepung terigu
  • 3 sdm tepung beras
  • ½ sdt TBM
  • ½ sdt baking powder
  • ½ sdt vanili
  • 4 butir telur
  • 2 sdm gula pasir
  • Air 600 ml
  • Gula merah
  • Daun pandan

Cara Membuat Bolu Peca

  1. Mula-mula campurkan 4 sdm tepung terigu dan 3 sdm tepung beras dalam satu wadah. Campurkanlah dengan merata, lalu setelahnya masukkan ke dalam wajan untuk di sangrai. Saat menyangrai tepung gunakan api yang cenderung kecil. Jangan menyangrai terlalu lama, apabila tepung sudah terasa ringan matikan kompor dan biarkan dingin.
  2. Setelah itu, pecahkan 4 butir telur ke dalam mangkok. Masukkan ½ sdt vanili, ½ sdt TBM,
    dan ½ sdt baking powder. Campurkan seluruh bahan hingga merata menggunakan mixer. Mixer bahan-bahan tersebut kurang lebih selama 7 menit sampai adonan menjadi kental dan berjejak.
  3. Masukkan tepung yang sudah disangrai tadi ke dalam adonan yang sudah di mixer. Gunakanlah saringan ketika memasukkan tepung agar tidak menggumpal. Masukkan tepung bertahap dan pastikan telah diayak hingga halus.
  4. Aduklah adonan hingga merata menggunakan spatula plastik khusus adonan. Detikers juga bisa mencampurkan adonan menggunakan mixer dengan kecepatan rendah.
  5. Apabila sudah tercampur rata, masukkan adonan ke dalam loyang persegi panjang. Lapisi loyang dengan kertas roti terlebih dahulu agar kue tidak lengket saat hendak dikeluarkan.
  6. Setelahnya kukus adonan selama kurang lebih 20-25 menit hingga matang. Untuk memeriksa apakah adonan sudah matang sempurna secara keseluruhan, sesekali tusuk adonan menggunakan tusuk gigi atau lidi yang bersih. Apabila tidak ada adonan yang lengket di lidi artinya sudah matang sempurna.
  7. Iris adonan sesuai selera. Namun, pastikan irisan tidak terlalu besar maupun kecil agar mudah dimakan.
  8. Setelah itu, tata irisan kue ke dalam wadah persegi atau mangkok yang sekiranya bisa menampung sedikit air. Karena kue ini nantinya akan diguyur dengan cairan gula merah.
  9. Selanjutnya, didihkan ½ bulat gula merah dengan 600 ml air. Untuk memudahkan, gula merah dipotong kecil-kecil terlebih dahulu. Tambahkan juga daun pandan agar aromanya semakin harum. Masak gula merah hingga sepenuhnya cair lalu tunggu sampai tersisa 450-500 ml saja.
  10. Jika sudah cukup, ambil kue yang sebelumnya sudah diiris-iris. Sirami irisan kue dengan cairan gula merah yang tadi di masak. Pastikan semua permukaan irisan kue tertutup dengan gula merah. Bolu peca pun sudah jadi.

Untuk rasa yang lebih nikmat, detikers dapat memasukkan bolu peca ke dalam kulkas terlebih dahulu. Sensasi dingin bolu peca akan menambah kenikmatannya. Setelah dirasa cukup dingin, keluarkan dari kulkas dan bolu peca siap disantap.

Nah, itulah tadi resep bolu peca khas Bugis yang legit dan lumer di mulut. Setelah mencoba, detikers!

Simak Video "Todan, Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Rasanya Lebih Nikmat dari Ayam"
[Gambas:Video 20detik]
(urw/ata)

Adblock test (Why?)


Resep Bolu Peca Khas Bugis, Kue Kukus yang Legit dan Lumer di Lidah - detikSulsel
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...