Rechercher dans ce blog

Tuesday, March 21, 2023

Kastengel, Stik Kue Kering Hidangan Wajib Hari Raya Lebaran - Liputan6.com

Liputan6.com, Solo - Kastengel adalah jenis kue kering yang biasa tersaji di meja-meja rumah ketika hari raya Natal atau Lebaran tiba. Kastengel bukan satu-satunya jenis kue musiman yang akan banyak diperjualbelikan, tapi ada juga nastar, putri salju, kue kacang, dan juga lainnya. Kue tersebut memiliki keunikan karena cita rasanya yang asin, ya asin dihasilkan dari setengah bahan dasarnya menggunakan keju.

Berhubung sudah hampir memasuki bulan puasa, resep kue kering bisa sangat bermanfaat untuk para ibu yang ingin membuat untuk camilan hari raya atau untuk dijadikan lahan bisnis musiman.

Liputan6.com akan menuliskan artikel tentang resep pembuatan kue kering kastengel yang renyah dan tidak ribet, namun bisa menghasilkan pundi-pundi cuan. Berikut adalah alat dan bahan yang harus disiapkan sebelum membuat kue kastengel: 

Siapkan wadah besar untuk mengaduk adonan, Rolling pin untuk memipihkan adonan, Cetakan kastengel (tersedia di toko bahan kue), spatula, Kuas untuk olesan, dan parutan keju.

2 dari 2 halaman

Peluang Bisnis Rumahan

Bahan-bahan:

600 gram tepung terigu protein sedang disangrai dan diayak/disaring

100 gram tepung maizena

400 gram butter wijsman

100 gram margarin (bisa menggunakan blue band cake and cokie)

4 kuning telur bebek.

100 gram susu bubuk atau 2 bungkus susu sachet dancow.

300 gram keju kraft parut

200 gram keju edam atau yang biasa dikenal di masyarakat dengan sebutan keju apel

1 sendok teh gula halus

1/2 sendok teh baking powder

1 bungkus/ 1/2 sendok teh vanili bubuk

Bahan Olesan :

3 kuning telur

3 sendok makan susu cair putih

Taburan:

Keju kraft ceddar parut.

Langkah pertama, mixer dengan kecepatan paling rendah butter, margarin, kuning telur, selama 2 menit, lalu masukkan keju parut, aduk sampai tercampur rata menggunakan spatula. tahapan selanjutnya, masukkan tepung terigu yang sudah disangrai, susu bubuk, maizena, gula dan baking powder aduk menggunakan spatula hingga semua adonan tercampur rata.

Letakan adonan di tempat bersih dan bentuk seperti balok kemudian gilas menggunakan rolling pin hingga ketebalan pas sesuai selera anda. Setelah pas, cetak adonan tadi menggunakan cetakan khusus kastengel, dan tata pada loyang yang sudah dilapisi kertas kue. Sebelum dipanggang olesi kuning telur di atas bahan yang sudah dicetak tadi, kemudian taburi keju parut.

Oven selama 30 menit pada suhu 130 derajat celcius, dan balik loyang pada 15 menit pertama, selanjutnya tunggu hingga warna kue beruah menjadi coklat keemasan, angkat dan dinginkan pada suhu ruang. Setelah itu tata di toples, kemudian pasangi selotip di antara toples dan tutupnya, lalu tempeli stiker produk.

Di atas adalah cara mudah mmebuat kue kering kastengel, anda juga bis amengkombinasikan varian topingnya sesuai selera seperti menambahkan coklat pada topingnya. Untuk harga jual satu toples kastengel bisa dijual kisaran 75-200 ribu rupiah. harga bisa disesuaikan dari bahan premium yang digunakan.

Untuk bahan di atas anda bisa mendapatkan 4 toples kastengel dengan ukuran toples 600-700 gram, dengan rata-rata modal awal yang dikeluarkan Rp200 ribu.

Selamat mencoba ya. 

Adblock test (Why?)


Kastengel, Stik Kue Kering Hidangan Wajib Hari Raya Lebaran - Liputan6.com
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...