Rechercher dans ce blog

Sunday, March 5, 2023

Video 1.000 Serabi Klasik Tersaji di Merti Bumi Lonjong Ngampin Ambarawa - Tribun Jateng

TRIBUNJATENG.COM, KABUPATEN SEMARANG - Berikut ini video 1.000 Serabi Klasik Tersaji di Merti Bumi Lonjong Ngampin Ambarawa.

Sebanyak 1.000 kue serabi klasik dihadirkan di acara Merti Bumi Lonjong, Ngampin, Ambarawa, Kabupaten Semarang oleh warga setempat, Jumat (3/3/2023) sore.

Serabi-serabi tradisional itu disajikan saat ratusan warga melaksanakan sedekah bumi Tradisi Cetingan dan Festival Seribu Serabi Klasik.

Menurut warga setempat, serabi klasik itu merupakan kudapan khas Ngampin yang sering menjadi hidangan saat acara-acara budaya setempat.

“Seribu serabi klasik ini merupakan dukungan dari paguyuban serabi sekelurahan Ngampin dan masyarakat Lonjong yang dikenal akan serabi khas nya, kata ketua panitia acara tersebut, Supriyanto kepada Tribunjateng.com.

Selain menyajikan serabi klasik dalam bentuk matang, sejumlah warga juga tampak membawa peralatan tradisional untuk memasak serabi seperti lumpang dan alu untuk menumbuk beras dan kelapa, wajan kecil serta arang yang dibakar di sebuah tungku.

Supriyanto menjelaskan, serabi klasik khas Ngampin itu berbeda dengan serabi pada umumnya atau serabi modern.

Serabi dibuat menggunakan tepung beras dan kelapa yang ditumbuk sehingga menciptakan cita rasa khas serabi yang kental dengan cita rasa tradisional.

Selain itu, sebagai pemanis, kue serabi diberi siraman gula Jawa sebagai taburan serta kuah untuk dimakan di sebuah cawan.

“Sesuai resep tempo dulu yang hanya menggunakan tepung dan kelapa.

Biasanya hanya pakai santan, kalau ini ditumbuk bersama kelapanya, dengan beras bakal tepung yang digunakan sebagai serabi.

Nanti akan menciptakan cita rasa yang khas, terasa seperti ampas dari kelapa dan butiran beras, tidak seperti adonan serabi modern yang halus,” imbuh dia.

1.000 serabi yang disajikan tersebut nantinya akan diberikan secara cuma-cuma kepada setiap masyarakat yang hadir dan ingin mencicipi makanan khas Ngampin Ambarawa itu.

Sebagai informasi, Tradisi Cetingan dan Festival Seribu Serabi Klasik tersebut merupakan kegiatan tahunan di sana.

Adblock test (Why?)


Video 1.000 Serabi Klasik Tersaji di Merti Bumi Lonjong Ngampin Ambarawa - Tribun Jateng
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...