Rechercher dans ce blog

Saturday, April 15, 2023

4 Trik Bikin Adonan Kue Kering agar Tak Buruk Rupa Setelah Dipanggang - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Selain sajian opor dan rendang, Idulfitri juga identik dengan aneka kue kering. Tak ayal, saat ini dipastikan Anda juga telah mulai mencoba membuat kue kering untuk hari raya nanti.

Bagi Anda yang baru pertama kali membuat kue kering, kegagalan bisa saja terjadi. Salah satunya adalah bentuk kue kering yang jadi lebar dan jelek setelah dipanggang.

Tapi jangan khawatir, CNNIndonesia.com membagikan tips dan trik agar kue kering tidak jadi lebar dan jelek saat dipanggang.

1. Sangrai dulu tepung untuk adonan

Tepung adalah kunci utama dalam membuat kue kering.

Sebagian orang mungkin akan menggunakan tepung langsung ke adonan. Tapi, cara ini ternyata bisa bikin kue kering melebar dan bentuknya jadi buruk rupa.

Triknya, Anda bisa menyangrai terlebih dahulu tepung yang akan digunakan. Utamanya bagi Anda yang menggunakan tepung sagu sebagai bahan utama, sangrai dulu dengan api kecil kurang lebih 7 menit.

Menyangrai tepung membuat teksturnya lebih ringan dan kering. Hasilnya bisa membuat adonan kue kering lebih kokoh.

2. Adonan jangan terlalu basah

Adonan basah bisa ditandai dengan adonan yang lengket di tangan. Agar hasil kue kering maksimal dan cantik saat dipanggang, sebaiknya adonan tidak lengket.

Agar adonan tidak lengket dan menempel di tangan, penting untuk mengatur semua bahan agar takarannya seimbang.

3. Cukup aduk adonan sebentar

Kue Semprit Indonesian Butter Cookies for Ied Al Fitr or LebaranIlustrasi. Ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar adonan kue kering sempurna. (iStockphoto/Ika Rahma)

Menguleni adonan kue kering tidak sama dengan menguleni adonan cilok. Anda tak perlu berlama-lama menguleni adonan kue kering.

4. Pilih mentega atau margarin beku

Ternyata mentega atau margarin yang padat atau beku bisa membuat adonan lebih stabil.

Coba masukkan semua mentega dan margarin yang akan digunakan untuk kue kering ke dalam kulkas. Tunggu sampai dua jam, lalu gunakan untuk adonan.

Banner Resep Ramadan
(tst/asr)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)


4 Trik Bikin Adonan Kue Kering agar Tak Buruk Rupa Setelah Dipanggang - CNN Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...