Rechercher dans ce blog

Saturday, April 29, 2023

Kebiasaan Emak-emak Simpan Kue Lebaran, Sampai Basi dan Jamuran! - detikFood

Jakarta -

Mayoritas emak-emak suka menghemat dengan cara menyimpan kue lebaran di rumah. Awalnya untuk tamu yang datang, tapi banyak juga yang berakhir kuenya jamuran.

Meski Lebaran sudah berakhir, biasanya di rumah masih banyak stok kue kering, camilan, snack hingga permen dan cokelat yang dijadikan suguhan untuk para tamu. Banyak juga orang yang masih menerima tamu hingga dua minggu setelah Lebaran.

Dari sini lah muncul kebiasaan emak-emak menyimpan kue kering dan camilan mereka agar tidak dihabiskan oleh anggota keluarga di rumah. Seperti pengalaman yang dibagikan netizen di Twitter, lewat akun @tanyarlfes (29/04).

"Siapa yang ibunya suka mendem kue, sampai jamuran? Awalnya disimpen buat kalau ada tamu penting, eh kelupaan sampai Lebaran tahun depan? Seperti kebiasaan ibuku. Kalau (kue) dihabisin marah, gak dimakan malah jamuran," curhatnya.

Kebiasaan Emak-emak Simpan Kue Lebaran, Sampai Basi dan Jamuran!Kebiasaan Emak-emak Simpan Kue Lebaran, Sampai Basi dan Jamuran! Foto: Site NewsTwitter

Unggahan itu disertai foto kardus besar isi aneka kue kering dari nastar, soes kering, cokelat roka, permen, putri salju, cheesestick, permen Yupi, sampai biskuit kalengan yang masih baru dan tersegel.

Ternyata kebiasaan serupa juga ditemukan di keluarga lainnya. Banyak netizen berkomentar pengalaman serupa di rumah mereka.

"Bukan Mama, tapi Nenek. Padahal udah bikin kue banyak, tapi malah ditaruh di lemari semua. Sampai cuma kue yang Mama beli aja yang dikasih ke tamu waktu Lebaran. Mamaku sampai kesal karena nenek dikit-dikit simpan makanan, padahal di rumah cuma ada tiga orang," komen @yan***.

"Ini mirip mertua gue. Sampai kayak toko tuh rumahnya penuh makanan. Apalagi stok barang-barang bulanan. Aku cuma ditugasin buat ngecek kedaluwarsanya kapan. Makannya aku gak dibolehin bawa-bawa makanan ke rumah, karena beneran gak ada yang makan. Tapi kalau beliau makanan yang aneh sekalipun boleh aja dan disimpen," curhat @req**.

Kebiasaan Emak-emak Simpan Kue Lebaran, Sampai Basi dan Jamuran!Kebiasaan Emak-emak Simpan Kue Lebaran, Sampai Basi dan Jamuran! Foto: Site NewsTwitter

"Emak kita satu server. Tapi jarang stok kue sih, lebih ke makanan kemasan aja. Ini baru kejadian, pas aku balik mudik, aku lihat ada beberapa teh kotak. Terus aku minum yang rasa anggur, kok rasanya ada yang beda. Kadar asamnya tuh berkurang, pas aku lihat ternyata sudah basi dari bulan Februari," sambung @sem**.

Selain itu ada juga yang cerita bahwa tetangganya sering membagikan kue-kue yang sudah tak layak makan ke orang-orang.

"Tetangga gue ini sih yang sering kayak gini. Kue udah jelek dibagi ke tetangga. Sering dimarahin sama anak-anaknya kalau ketahuan, katanya malu ngasih kue kok yang udah gak layak makan. Tapi tetep aja diulangin, gue mikirnya nih masuk gangguan psikologi kali yak," cerita @ann**.

Cuitan tentang kue Lebaran yang disimpan hingga jamuran ini sudah dilihat 1,1 juta kali. Unggahan ini juga disukai lebih dari 8.000 pengguna sampai mendapatkan 1.600 komentar dari netizen Twitter.

Simak Video "Resep Kastengel Renyah untuk Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Adblock test (Why?)


Kebiasaan Emak-emak Simpan Kue Lebaran, Sampai Basi dan Jamuran! - detikFood
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...