Rechercher dans ce blog

Thursday, April 6, 2023

Kenali 4 Jenis Oven untuk Membuat Aneka Kue Lebaran - detikFood

Jakarta -

Alih-alih membeli, banyak orang yang lebih memilih untuk membuat kue suguhan lebaran sendiri di rumah. Sebelum membuatnya, perhatian dulu beberapa jenis oven agar hasil kue sempurna.

Oven merupakan alat pemanggang makanan. Umumnya oven digunakan untuk mematangkan adonan kue, mulai dari kue kering, cake, roti dan jenis kue lainnya. Oven yang populer dipakai memiliki banyak jenis.

Jenis oven bisa disesuaikan dengan dengan jenis kue yang dibuat. Melalui kanal YouTubenya (10/03/23), Chef Yongki Gunawan mengatakan bahwa di Indonesia sendiri ada empat jenis oven yang paling umum digunakan.

Berikut 4 jenis oven yang biasa dipakai untuk memanggang kue:

1. Oven Conventional

Jenis ovenOven Conventional Foto: YouTube Chef Yongki Gunawan

Oven conventional ini jenis oven yang paling umum digunakan oleh rumah tangga. Proses pemanggangannya bisa menggunakan listrik maupun gas. Chef Yongki Gunawan mengatakan bahwa temperatur oven ini bisa diatur.

Untuk menggunakannya, sebaiknya api atas jangan dinyalakan. Kemudian, posisi cetakan kue harus berada di tengah. Chef Yongki menyarankan untuk tidak menyalakan api atas agar kue tak cepat gosong.

Baca Juga: 5 Wadah Makanan Ini Jangan Dimasukkan ke Dalam Oven Microwave

2. Oven Deck

Jenis ovenOven Deck Foto: YouTube Chef Yongki Gunawan

Oven deck memiliki ukuran yang sangat besar. Ovennya tebal dan tertutup sehingga ketika permukaan depan oven ketika dipegang tidak terasa panas. Untuk menggunakan jenis oven ini, api atas dan bawah harus dinyalakan.

Chef Yongki mengatakan bahwa perbedaan suhu antara api atas dan bawah sekitar 10 derajat. Jenis oven ini disebut juga oven serbaguna, karena bisa digunakan untuk memanggang banyak jenis kue.

"Bisa dipakai untuk kue kering, roti cake tinggi dan tebal, puff pastry juga bisa. Yang gak bisa adalah untuk membuat lapis legit, karena itu ada oven khusus," tuturnya.

Jenis oven ini menggunakan listrik kecil untuk menyalakan lampu. Namun untuk proses pemanggangan tetap menggunakan gas.

Adblock test (Why?)


Kenali 4 Jenis Oven untuk Membuat Aneka Kue Lebaran - detikFood
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...