Rechercher dans ce blog

Saturday, May 13, 2023

Mengenal Cream of Tartar, Salah Satu Bahan Pembuatan Kue - IDN Times

Cream of tartar adalah bahan dasar di dapur yang dikemas dalam bentuk bubuk halus berwarna putih. Bahan ini terbentuk dari proses pembuatan minuman anggur dan kerap dipakai dalam beberapa proses pembuatan kue maupun hidangan lainnya.

Untuk mengenali lebih lanjut bagaimana fungsi dan apa pengganti cream of tartar, kamu bisa menjumpai informasi tersebut melalui catatan berikut ini. Yuk, simak sampai tuntas!

1. Fungsi cream of tartar dalam pembuatan kue

Mengenal Cream of Tartar, Bahan Kue yang Bikin Lembut ilustrasi adonan kue dalam loyang (pexels.com/Cats Coming)

Cream of tartar merupakan salah satu pengembang kue. Cream of tartar juga kerap digunakan untuk membantu memperkuat adonan agar hasilnya maksimal. Dengan demikian, kue bisa mengembang dengan baik disertai tekstur lembut yang terjaga.

Selain itu, penggunaan pengembang dari cream of tartar juga kerap dikombinasikan penggunaannya dengan leavening agent lain. Seperti bersama soda kue yang dapat pula menggantikan pemakaian baking powder. Kolaborasi tersebut akan memberikan stabilitas yang kuat pada adonan kue tertentu.

2. Manfaat cream of tartar di dalam adonan meringue

Mengenal Cream of Tartar, Bahan Kue yang Bikin Lembut ilustrasi adonan putih telur (pexels.com/Los Muertos Crew)

Cream of tartar kerap digunakan sebagai salah satu bahan untuk mengocok adonan meringue. Yakni istilah bagi kocokan putih telur yang diaduk hingga mengembang untuk menghasilkan tekstur kue yang lebih empuk dan lembut.

Nantinya, cream of tartar akan memperkuat struktur di dalam adonan meringue sehingga hasilnya akan mengembang dengan baik dan stabil. Umumnya, pemakaian meringue ini sering diterapkan saat membuat chiffon cake hingga angel food cake yang terkenal karena tekstur empuknya.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Red Velvet yang Enak, bak Toko Kue Ternama

3. Manfaat cream of tartar di luar baking

Mengenal Cream of Tartar, Bahan Kue yang Bikin Lembut ilustrasi sayuran dalam mangkuk (pixabay.com/CALLUM KING)

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Selain digunakan dalam proses baking, rupanya cream of tartar juga mampu menjaga kadar pH makanan sehingga warnanya tetap cantik. Oleh sebab itu, tidak heran jika cream of tartar sering dipakai untuk mengolah sayur-mayur.

Dilansir Taste of Home, kamu bisa memperoleh warna sayuran yang segar dengan mencampur sedikit saja cream of tartar ke dalam air. Dengan begitu, sayuran akan memperoleh warna yang segar dan cerah.

Cream of tartar juga bisa digunakan untuk membantu membersihkan peralatan masak yang kotor. Sebab cream of tartar ini mempunyai sifat asam, sehingga mampu membantu menghilangkan noda sampai karat pada peralatan masak.

4. Hidangan yang memerlukan cream of tartar

Mengenal Cream of Tartar, Bahan Kue yang Bikin Lembut ilustrasi kue chiffon (pexels.com/Mumma Oyens)

Cream of tartar adalah bahan yang sering dipakai untuk macam-macam pembuatan kue. Biasanya bahan ini cocok digunakan untuk membuat bolu maupun kue kering supaya hasilnya lebih enak dan menarik dari sisi rasa maupun penampilan.

Bukan cuma chiffon cake atau angel food cake, cream of tartar kerap dipakai dalam proses pembuatan souffle, aneka chewy cookies. Bahkan bisa pula ditambahkan pada pembuatan beberapa permen karena kemampuan mencegah gula kristal berubah menjadi gumpalan.

5. Pengganti cream of tartar

Mengenal Cream of Tartar, Bahan Kue yang Bikin Lembut ilustrasi jeruk lemon (pexels.com/Lukas)

Walaupun banyak fungsi, tetapi cream of tartar menjadi salah satu bahan dapur yang bisa diganti memakai beberapa bahan dapur lainnya. Meski demikian, penggantian ini tidak selalu berlaku pada semua sajian yang dapat dibuat menggunakan bahan tersebut.

Contohnya dalam adonan meringue, cream of tartar bisa digantikan memakai bahan dapur yang bersifat asam seperti air lemon atau cuka putih. Selain meringue, adonan kue lainnya juga kerap menggunakan campuran soda kue atau baking powder untuk menggantikan keberadaan cream of tartar tersebut

Cream of tartar adalah bahan dapur yang sangat sering disebut dalam beberapa resep pembuatan kue. Selain memiliki banyak fungsi dalam baking, cream of tartar juga dapat digunakan di luar pembuatan kue dan memiliki pengganti yang bisa bekerja mirip dengan bahan tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Kue Kering supaya Tetap Renyah dan Awet 

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Adblock test (Why?)


Mengenal Cream of Tartar, Salah Satu Bahan Pembuatan Kue - IDN Times
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...