Rechercher dans ce blog

Wednesday, May 10, 2023

Sejumlah Hal yang Sebabkan Kegagalan Membuat Kue - SuaraPoptren

Poptren.suara.com - Bagi seseorang yang suka memasak dan makan makanan manis, membuat kue adalah salah satu hal yang menyenangkan, apalagi jika kue tersebut tidak hanya enak rasanya, tapi bentuk dan teksturnya bagus serta cantik. Membuat kue butuh ketelitian dan ketelatenan agar kue tidak bantet atau bahkan kurang matang. Dengan kata lain, membuat kue cukup tricky.

Disebut tricky karena salah langkah dalam tiap tahap pembuatan, atau kurang pas takaran suatu bahan, maka kue akan berakhir gagal. Mungkin tampilannya kurang sedap dipandang, atau rasanya yang tidak mirip kue. Hal lain yang menyebabkan kue jadi gagal adalah salah pilih bahan-bahan atau alat masaknya, atau bahkan suhu ketika kue dipanggang.

Jika bahan baku kue bersuhu dingin, contohnya mentega, apalagi jika disimpan terlalu lama dalam lemari es, mentega akan mengeras. Sama hal nya dengan telur. Telur yang disimpan terlalu lama, isian telur akan mengental. Jika dua bahan tersebut yang sudah terlalu lama disimpan dalam lemari es, kemudian disatukan untuk membuat kue, akan sulit dikocok dan membuat kue menjadi bantet.

Dalam membuat kue, pemilihan loyang perlu diperhatikan karena bentuk dan ukuran loyang memengaruhi sukses atau tidaknya hasil sebuah kue. Setidaknya butuh tiga per empat loyang untuk memberi ruang supaya adonan kue bisa mengembang sempurna. Apabila menggunakan ukuran loyang yang terlalu kucil, akan membuat adonan kue sulit mengembang dan berakhir bantet saat matang.

Baca Juga:Kue Moho, Kudapan yang Lembut dan Cocok Menjadi Teman Minum Teh

Selain itu, perhatikan dan pastikan suhu oven tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Suhu oven juga memengaruhi tekstur dan konsistensi kue setelah selesai dibuat. Secara umum, suhu normal untuk membuat kue adalah 160-180 derajat celsius. Perlu diingat, agar kue matang merata, panaskan dulu oven kira-kira lima hingga sepuluh menit sebelum loyang berisi adonan kue dimasukkan.

Kenapa ? Karena tujuannya untuk menghindari kue menjadi bantet dan keras saat dikeluarkan karena suhu yang kurang panas. Namun jika suhu oven terlalu panas maka kue pun akan berakhir kurang matang di bagian dalam dan keras di bagian luar.

Perlu diingat takaran bahan yang berlebihan  justru menimbulkan gelembung udara selama adonan dipanggang di oven dan gelembung tersebut saling bertabrakan dan mengeluarkan gas, sehingga membuat kue bantet. Hal tersebut bisa juga dikarenakan seseorang tidak teliti membaca resep.

Kue dibuat umumnya berdasarkan resep. Pada setiap resep kue, takaran bahan sudah dihitung pas atau tidaknya. Selain itu resep kue terstrutur san beruntut dengan tepat, mulai dari bahan, alat, hingga waktu pada proses pemanggangan.

Baca Juga:Ingin Buat Kue Kering Untuk Natal, Berikut Deretan Resepnya

Loading...

Adblock test (Why?)


Sejumlah Hal yang Sebabkan Kegagalan Membuat Kue - SuaraPoptren
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...