Rechercher dans ce blog

Monday, June 12, 2023

Kue Betawi: Dari Ongol-Ongol Hingga Kue Apem, Kamu Suka yang Mana? (Bagian 1) | magenta - magenta.republika.co.id

Kue putri noong dan kue lupis. Kue Betawi: Dari Ongol-Ongol Hingga Kue Apem, Kamu Suka yang Mana? (Bagian 1). Foto: Republika/Edi Yusuf
Kue putri noong dan kue lupis. Kue Betawi: Dari Ongol-Ongol Hingga Kue Apem, Kamu Suka yang Mana? (Bagian 1). Foto: Republika/Edi Yusuf

MAGENTA -- Apa bedanya kue lupis dan kue lapis? Kue lupis terbuat dari ketan, sedangkan kue lapis dibuat dari terigu.

Meski berbeda bahan dalam pembuatannya, kedua kue tersebut sama-sama berasal dari Betawi. Sejatinya ada banyak macam kue-kue khas Betawi yang terbuat dari beras, terigu, ketan, singkong, ubi, sagu, dan aren.

BACA JUGA: Pantangan Orang Betawi: Dilarang Makan Pisang Dempet Hingga Nyari Kutu Habis Ashar

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

.

 

.

Berikut 10 kue-kue khas Betawi yang dinukil dari buku Folklor Betawi: Kebudayaan dan Kehidupan Orang Betawi oleh Abdul Chaer. Kamu suka kue yang mana?

Kue Khas Betawi

1. Ongol-ongol

Bahannya sagu aren, gula jawa, dan air secukupnya. Kemudian, dimasak jadi satu, lalu dipotong-potong dan ditaburi kelapa parut.

2. Jongkong

Bahannya tepung beras dan gula jawa. Tepung beras dibungkus dengan daun pisang, gula jawa dipotong kecil-kecil diletakkan di dalamnya, diberi santan. Diberi pewarna hijau dari daun sugi (suji). Lalu, dikukus dalam kukusan. Kue ini dulu biasa dijajakan pada pagi hari.

3. Cerorot

Bahannya tepung beras dan gula dibungkus daun kelapa muda yang berbentuk kerucut.

4. Kue pisang

Bahannya tepung beras, gula, dan pisang. Tepung beras diadon, dibungkus dengan daun pisang dan di dalam adonan itu ditaruh potongan pisang kecil-kecil, kemudian direbus.

Ada juga yang namanya kue pisang tape, bahannya tape singkong yang dilumat-lumatkan, diberi gula pasir, lalu dibungkus dengan daun pisang, kemudian direbus. Meskipun namanya kue pisang tape, di dalamnya tidak diberi pisang.

Kue talam. Foto: Pinterest
Kue talam. Foto: Pinterest

5. Kue talam

Bahannya tepung beras, gula dan pewarna dari daun sugi (suji) atau perasan sabut buah lontar (berwarna kuning). Biasanya dibentuk menjadi dua lapis, seperti bagian bawah hijau dan bagian atas merah; atau bagian bawah kuning dan bagian atas putih.

Ada juga yang disebut kue talam udang, yakni kue talam yang di bagian atasnya ditaburi serpihan kecil-kecil udang. Di samping itu, ada juga kue talam ubi, yakni kue talam yang bahannya dicampur ubi. Tempo dulu setiap ada hajatan (pernikahan atau sunatan) kue talam sengaja dibuat untuk disuguhkan kepada para undangan bersama kue pisang.

BACA JUGA: Tiket Ludes Terjual, tapi Messi Dikabarkan tidak Jadi Datang, Pegimana Urusannya?

Adblock test (Why?)


Kue Betawi: Dari Ongol-Ongol Hingga Kue Apem, Kamu Suka yang Mana? (Bagian 1) | magenta - magenta.republika.co.id
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...