Rechercher dans ce blog

Friday, June 30, 2023

Resep Kue Putu Pandan Isi Gula Merah - IDN Times

Kue putu pandan jadi salah satu kue tradisional yang memiliki tekstur lembut dan rasa manis. Hal ini yang membuat kue putu disukai oleh semua orang.

Pada masa sekarang jajanan ini terbilang susah ditemui karena kue putu pandan merupakan makanan jadul. Meski begitu, kamu tetap bisa menikmati jajanan tradisional ini tanpa harus bersusah mencari penjual kue putu. Sebab, kue putu pandan berisikan gula merah ini mudah dibuat sendiri di rumah. Rasanya pun gak kalah lezat dengan yang beli di luaran lho.

Langkah membuat kue putu pandan bisa kamu ikuti seperti resep dalam artikel berikut ini.

Bahan Putu Pandan Isi Gula Merah

Resep Kue Putu Pandan Isi Gula Merah, Jajanan Jadul yang Legit ilustrasi tepung beras (freepik.com/jcomp)
  1. 200 gram tepung beras
  2. 120 ml air panas
  3. 1 sdt pasta pandan
  4. 1/2 sdt garam
  5. 200 gram gula merah

Bahan taburan:

  1. 100 gram kelapa parut
  2. 1 lembar daun pandan
  3. 1/2 sdt garam
  4. 1 sdm gula pasir

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Baca Juga: 6 Kue Putu Khas Indonesia yang Manis dan Legit, Sudah Coba Semua?

Cara Membuat Putu Pandan Isi Gula Merah

Resep Kue Putu Pandan Isi Gula Merah, Jajanan Jadul yang Legit ilustrasi mengukus kue putu pandan isi gula merah (YouTube.com/atha naufal)
  1. Campurkan kelapa parut, garam, dan gula pasir ke dalam wadah. Diaduk rata, lalu kukus bersama daun pandan selama 10 menit dan sisihkan.
  2. Masukkan tepung beras ke dalam wadah, lalu tambahkan pasta pandan yang telah dilarutkan dengan air panas. Diaduk rata sampai bergerindil kemudian saring agar mendapatkan tekstur adonan yang halus sambil ditekan-tekan.
  3. Siapkan cetakan kue talam mini, lalu olesi dengan sedikit minyak. Barulah masukkan dua sendok adonan ke dalam cetakan. Beri gula merah yang telah disisir secukupnya. Kemudian beri dua sendok makan adonan kembali. Lakukan sampai selesai dan sisihkan.
  4. Selanjutnya, masukkan adonan ke dalam panci kukusan yang sebelumnya telah dipanaskan. Barulah, kukus adonan selama 15 menit.
  5. Setelah dikukus selama 15 menit lalu angkat dari panci kukusan. Kemudian biarkan uap panasnya mengurai.
  6. Putu pandan isi gula merah siap disajikan selagi hangat bersama taburan kelapa parut.

Tips Membuat Putu Pandan Isi Gula Merah

Resep Kue Putu Pandan Isi Gula Merah, Jajanan Jadul yang Legit ilustrasi kue putu cangkir pandan isi gula merah (YouTube.com/atha naufal)
  1. Untuk membuat adonan kue putu pandan, pastikan tekstur tepung beras cukup bergerindil. Dengan begitu, kamu tak perlu menguleni adonan.
  2. Kalau tidak mau ribet, cukup kukus tepung beras lalu beri pasta pandan secukupnya kemudian diaduk dan diayak. Proses pengayakan dilakukan supaya mendapatkan tekstur adonan yang halus.
  3. Pastikan tidak menekan adonan kue putu pandan karena membuat adonan cenderung padat dan kurang lembut.
  4. Selain gula merah, kamu juga mengkreasikannya dengan unti kelapa. Perpaduan manis dan gurihnya bikin rasa kue putu pandan makin istimewa.

Kelezatan kue putu pandan isi gula merah memang gak bisa dilupakan. Gak heran, kalau jajanan tradisional ini cocok banget disajikan sebagai suguhan istimewa. Yuk, bikin kue putu pandan gula merah di rumah seperti resep di atas.

Baca Juga: 5 Trivia Kue Putu Ayu, Kue Basah yang Masih Bersaudara dengan Kue Putu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Adblock test (Why?)


Resep Kue Putu Pandan Isi Gula Merah - IDN Times
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...