Rechercher dans ce blog

Tuesday, July 11, 2023

Selain Black Forest Ini 7 Kue Ulang Tahun Unik di Berbagai Negara - detikFood

Jakarta -

Perayaan ulang tahun identik dengan kehadiran kue. Jenisnya sangat beragam di berbagai negara. Dari Swedia hingga Korea, begini kue ulang tahun khas negara mereka.

Ulang tahun jadi momen yang ditunggu-tunggu banyak orang lantaran merayakan hari kelahiran sekaligus pertambahan umur mereka. Biasanya momen istimewa ini dilengkapi kehadiran kue cantik.

Jenis yang umum dikenal adalah black forest, tapi sebenarnya di banyak negara ada kreasi kue ulang tahun khas. Bahan dan tampilannya beragam dengan keunikan rasa masing-masing.

Seperti dikutip dari Mashed (10/7), inilah 7 kue ulang tahun di berbagai negara:

1. Amerika: Yellow Cake

Selain Black Forest, Ini 7 Kue Ulang Tahun Unik di Berbagai NegaraFoto: Mashed

Perayaan ulang tahun di Amerika identik dengan kehadiran yellow cake. Sesuai arti namanya, "kue kuning", warna kue ini memang didominasi kuning lantaran penggunaan kuning telur dan mentega yang banyak. Bahan ini sekaligus jadi pembeda yellow cake dengan kue kebanyakan yang hanya memanfaatkan putih telur saja.

Ciri khas yellow cake adalah tampilannya yang simpel, tapi sebenarnya bisa diberi ragam frosting atau topping. Misalnya cokelat, lemon, atau raspberry. Yellow cake juga kerap ditambahkan ucapan ulang tahun maupun nama yang berulang tahun.

2. Prancis: Tarte aux fruits

Selain Black Forest, Ini 7 Kue Ulang Tahun Unik di Berbagai NegaraFoto: Mashed

Kue ulang tahun khas Prancis ini bentuknya bukan kue, melainkan tart buah. Nama tradisionalnya tarte aux fruits dimana adonan tart yang kokoh dan buttery diberi aneka buah bertekstur lembut di atasnya. Umumnya stroberi, kiwi, peach, mangga, blueberry, dan apricot.

Buah-buahan itu akan disusun dengan kontras warna yang cantik. Tarte aux fruits bisa disajikan utuh layaknya cake atau disajikan dalam porsi personal.

3. Korea: Mujigae-ttok

Selain Black Forest, Ini 7 Kue Ulang Tahun Unik di Berbagai NegaraFoto: Mashed

Tampilannya serupa rainbow cake, inilah mujigae-ttok khas Korea. Kue ini terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna alami hingga menghasilkan 3 sampai 5 paduan warna berbeda sebelum disusun jadi satu.

Mujigae-ttok tak hadir setiap tahun karena biasanya hanya disajikan ketika makna ulang tahun itu amat berarti. Misalnya ketika ulang tahun pertama atau ulang tahun ke-60 yang dianggap sebagai angka penting.

4. Argentina: Chocotorta

Selain Black Forest, Ini 7 Kue Ulang Tahun Unik di Berbagai NegaraFoto: Mashed

Kue ulang tahun khas Argentina ini disukai karena pembuatannya simpel, tanpa dipanggang. Namanya chocorota yang menggunakan biskuit cokelat sebagai bahan utamanya. Biasanya merek Chocolinas.

Biskuit lalu direndam bersama campuran kopi dan susu sehingga teksturnya mirip cake nan lembut. Di antaranya lalu diberi isian dari dulce de leche dan krim keju.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak Video "Creamy Lumer Kue Soes yang Ukurannya Sekepal Tangan Manusia"
[Gambas:Video 20detik]

Adblock test (Why?)


Selain Black Forest, Ini 7 Kue Ulang Tahun Unik di Berbagai Negara - detikFood
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...