Rechercher dans ce blog

Saturday, September 9, 2023

5 Bahan Ini Bisa Jadi Pengganti Baking Powder Untuk Pengembang Kue - detikFood

Jakarta -

Baking powder menjadi salah satu bahan yang paling dicari terutama ketika akan membuat kue. Tetapi bagaimana jika tak ada? 5 bahan ini bisa jadi alternatifnya.

Baking powder menjadi bahan yang krusial ketika akan membuat kue di rumah. Baking powder sendiri merupakan ragi kimia kering yang terbuat dari tepung jagung, campuran asam, dan natrium bikarbonat.

Baking powder digunakan dalam pembuatan kue untuk membantu melepaskan karbon dioksida agar adonan mengembang. Pembuatan kue basah dan kue kering paling sering membutuhkan baking powder sebagai bahan campurannya.

Tetapi bagaimana jika ketika sedang membuat kue tiba-tiba baru menyadari persediaan baking powder sudah habis? Ada beberapa bahan alternatif yang ternyata dapat menggantikan baking powder pada waktu yang genting.

Baca juga: Jalani Liquid Diet, Pria Ini Berhasil Turun Berat Badan 57 Kilogram

Berikut ini 5 bahan alternatif pengganti baking powder menurut Slurrp:

5 Bahan Ini Bisa Jadi Pengganti Baking Powder Untuk Pengembang KueButtermilk dapat menjadi pengganti baking powder jika persediaan habis pada waktu penting. Foto: Getty Images/iStockphoto/new look casting

1. Buttermilk

Buttermilk adalah cairan yang tersisa dari proses pembuatan mentega. Bahan ini juga seringkali digunakan untuk pembuatan yogurt melalui proses fermentasi pada durasi waktu tertentu.

Hasil fermentasi yang dilalui Buttermilk membuat munculnya probiotik yang bermanfaat untuk digunakan memasak maupun dikonsumsi. Bakteri alami yang ada di dalam buttermilk mampu mengubah kandungan gula menjadi asam.

Menambahkan buttermilk ke dalam adonan kue juga dapat membantu mengembangkan adonan yang hasilnya mirip dengan baking powder. Terlebih jika dipadukan dengan soda kue hasilnya akan membuat adonan mengembang dengan sempurna.

2. Soda kue dan cream of tartar

Jika memiliki soda kue dan cream of tartar di rumah, kamu bisa membuat baking powder sendiri. Krim cream of tartar merupakan salah satu bahan utama yang ada di dalam baking powder untuk membuat adonan mengembang.

Caranya cukup campurkan soda kue dengan cream of tartar. Kandungan asam yang ada di dalam cream of tartar membuat bahan ini dimanfaatkan oleh baking powder untuk membantu melepaskan karbon dioksida.

Pada beberapa resep, seperti mengocok putih telur, biasanya juga disarankan menggunakan campuran cream of tartar. Perbandingan menyampurkannya 2:1 antara cream of tartar dan soda kue.

Bahan pengganti baking powder lainnya ada di halaman berikutnya.

Adblock test (Why?)


5 Bahan Ini Bisa Jadi Pengganti Baking Powder Untuk Pengembang Kue - detikFood
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...