Rechercher dans ce blog

Thursday, December 14, 2023

5 Kue Spesial Natal yang Jadi Suguhan Wajib di Manado - detikFood

Jakarta -

Hari Natal selalu dirayakan meriah di Manado. Sejak dulu ada beberapa kue yang jadi suguhan wajib di Manado saat Natal tiba.

Di Manado, Sulawesi Utara, Natal dirayakan dengan sangat meriah. Termasuk dari megahnya dekorasi Natal yang ada di rumah hingga jalan besar di Manado.

Selain itu banyak tradisi Natal yang dijalankan oleh warga Manado yang merayakan Natal. Kota terbesar di belahan Sulawesi Utara ini juga memiliki ragam kue yang sudah menjadi ciri khas saat Natal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Seperti kue Klappertaart yang kaya akan sejarah dan dipengaruhi dari kuliner Belanda. Sampai kukis Tosca yang selalu ada saat Natal di Manado.

Berikut lima kue spesial Natal yang populer di Manado.

1. Kukis Tosca

5 Kue Spesial Natal yang Jadi Suguhan Wajib di Manado5 Kue Spesial Natal yang Jadi Suguhan Wajib di Manado Foto: Site Recipe/Visual

Kukis Tosca menjadi salah satu kue kering yang wajib disajikan saat Natal di Manado. Kue ini bisa dibilang sebagai kukis lokal di Manado yang berasal dari Sulut namun populer di seluruh Manado.

Ciri khasnya terletak pada taburan kacang kenari yang membuat rasa kue ini menjadi manis dan gurih. Bentuk kuenya juga tak kalah unik, mengingatkan dengan kelopak bunga matahari yang mengembang. Selain pakai kacang kenari, Kukis Tosca biasanya dibuat dengan tambahan cokelat hingga keju sesuai selera.

Karena termasuk kue jadul, jadi banyak orang yang nostalgia saat mencicipi kukis ini ketika berkumpul saat Natal.

2. Klapertart

5 Kue Spesial Natal yang Jadi Suguhan Wajib di Manado5 Kue Spesial Natal yang Jadi Suguhan Wajib di Manado Foto: Site Recipe/Visual

Klapertart merupakan kue manis khas Manado, Sulawesi Utara. Kue yang biasa disajikan dalam perayaan Natal ini ternyata warisan zaman belanda. Kue ini awalnya ditemukan oleh seorang perempuan Belanda yang tinggal di Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Puluhan tahun berselang, Klappertaart mulai masuk ke Indonesia dan populer di Manado.

Pada akhirnya Klapertart dikenal sebagai kue khas Manado yang terbuat dari bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur yang diaduk dengan kelapa muda, kismis dan kenari. Kue ini rasanya manis dan gurih.

Biasanya masyarakat Manado mengonsumsi Klapertart sebagai makanan penutup. Selain itu, klapertart juga selalu disajikan dalam perayaan Natal dan acara istimewa.

3. Kastengel

5 Kue Spesial Natal yang Jadi Suguhan Wajib di Manado5 Kue Spesial Natal yang Jadi Suguhan Wajib di Manado Foto: Site Recipe/Visual

Kastengel populer sebagai kue kering rasa keju di Indonesia. Kaasstengels berarti 'batang keju'. Berasal dari 'Kaas' yang merupakan bahasa Belanda 'Keju' dan 'Stengels' yang berarti 'Batang'. Kaastengels dibuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju.

Ciri khas Kaastengel ada pada bentuknya yang persegi panjang. Umumnya dengan panjang 3-4 cm dan lebar 1 cm. Kaasstengels enak dibuat dari keju tua seperti gouda dan edam. Sehingga aroma dan rasa gurihnya lebih kuat. Di Manado, kue ini termasuk ke dalam suguhan wajib saat perayaan Natal.

Banyak orang Manado yang lebih memilih untuk membuat Kastengel mereka sendiri beberapa hari sebelum Natal. Agar cita rasa keju dan tekstur kuenya masih renyah, serta menghindari rasa atau aroma apek jika membeli kue Kastengel yang sudah lama diproduksinya.

Simak Video "Bikin Laper: Soto Mie Spesial yang Menggugah Selera di Jaktim"
[Gambas:Video 20detik]

Adblock test (Why?)


5 Kue Spesial Natal yang Jadi Suguhan Wajib di Manado - detikFood
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...