Rechercher dans ce blog

Saturday, December 16, 2023

Resep Linzer Torte, Kue Klasik untuk Hidangan Natal yang Renyah dengan Isian Selai Stroberi - Jawa Pos - JawaPos

Ingin menyiapkan suguhan spesial untuk keluarga atau kerabat saat Natal nanti? Kue klasik asal Eropa ini biasa disantap saat Natal tiba. Bentuk dan rasanya mirip pai. Lapisan atasnya dibuat kisi-kisi yang memperlihatkan isian selai dan potongan buah stroberi yang lembut.

---

KULIT atau pastry linzer torte dicampur dengan tepung kacang dan rempah seperti kayu manis dan cengkih. Perpaduan itu menghasilkan rasa yang khas dengan tambahan aroma lemon. Perhatikan saat memarut kulit lemon. Tipis saja, jangan sampai terkena bagian putihnya. Adonan kulit sebaiknya didiamkan selama sehari dalam chiller.

”Kalau mau pakai metode cepat, semua bahan kering langsung dicampur, lalu simpan di freezer 10 menit. Kalau santai, mentega dan gula dikocok dulu, kemudian masuk telur, aduk rata, baru dicampur bahan kering. Simpan di chiller 1–2 hari,” jelas chef Marsum.

Baca Juga: 6 Strategi Kendalikan Konsumsi Gula di Akhir Tahun Yang Kerap Bikin Khilaf

Bagi adonan menjadi dua dengan perbandingan 70:30. Bagian yang banyak akan dibuat lapisan alas. Pipihkan adonan alas setebal sekitar setengah sentimeter. ”Jika terlalu tipis, kulit rentan bolong. Namun, jika kulit terlalu tebal, permukaannya juga tidak matang,” ungkapnya.

Chef Marsum menggunakan loyang ukuran 20–24 cm. Adonan untuk pinggiran loyang sebaiknya lebih tebal.

”Loyangnya diolesi margarin dulu. Tipis saja, tapi rata. Kalau loyangnya baru, cuci bersih tanpa sabun dan oven dengan suhu tinggi selama 30–60 menit biar nggak gampang lengket,” jelas pastry chef Harriette Cakeversity, Surabaya, tersebut.

Isian linzer torte umumnya berupa beri-berian seperti rasberi, stroberi, arbei, dan bluberi. Kali ini chef Marsum menggunakan selai stroberi dicampur potongan buahnya. Bisa ditambahkan wafer atau biskuit di atas adonan sebelum diolesi selai. Jika tidak pakai, olesan selainya lebih tebal.

Untuk membuat kisi-kisi penutup isian, bagi adonan lapisan atas menjadi beberapa adonan kecil. Bisa dibentuk pipih memanjang atau gulungan panjang.

Baca Juga: Ungkapan Bela Sungkawa Anies Baswedan untuk Istri Habib Rizieq Yang Tutup Usia

Taburi pinggirannya dengan kacang almon. Olesi permukaan kue dengan egg wash untuk mendapatkan hasil kuning berkilau. Lalu, panggang dalam oven selama 55–60 menit dengan suhu 170–180 derajat Celsius.

”Selesai dioven, biarkan dulu, jangan langsung dipotong. Masukkan ke freezer. Jika sudah ngeset, kue bisa dipotong,” ujarnya.

Linzer torte yang renyah siap disantap. Selainya lembut dan tidak ngaret. Sedikit hint asam dari jus lemon yang bantu mengurangi kadar manis selai stroberi. Cocok jadi suguhan atau hampers Natal(lai/c14/nor)

Adblock test (Why?)


Resep Linzer Torte, Kue Klasik untuk Hidangan Natal yang Renyah dengan Isian Selai Stroberi - Jawa Pos - JawaPos
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...