Rechercher dans ce blog

Sunday, January 28, 2024

6 Kue Tradisional Berwarna Hijau untuk Camilan saat Imlek - IDN Times

Perayaan Tahun Baru Imlek tahun ini jatuh pada tanggal 10 Februari 2024. Di hari spesial ini, masyarakat Tionghoa merayakan Imlek bersama keluarga dan kerabat terdekat.

Saat berkumpul, kamu pasti harus menyuguhkan makanan dan camilan di meja. Masyarakat Tionghoa percaya bahwa makanan yang disajikan saat Imlek harus memiliki tiga warna dasar, yaitu merah, hijau, dan kuning.

Untuk warna hijau melambangkan kemakmuran, sehingga mereka berharap mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan berkelimpahan. Berikut ini beberapa kue tradisional berwarna hijau yang cocok untuk dijadikan kudapan perayaan Tahun Baru Imlek.

Baca Juga: 12 Kue Imlek di Indonesia, Lapis Legit Gak Boleh Absen!

1. Kue talam

6 Kue Tradisional Berwarna Hijau untuk Camilan saat Imlekkue talam (instagram.com/hellensalim)

Rasa manis dan gurih kue talam berasal dari santan. Teksturnya lembut dan kenyal, serta umumnya terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, gula, dan garam.

Kue talam sudah ada sejak lebih dari 500 tahun lalu, lho. Makanan ini memiliki filosofi kemanusiaan yang mengatakan bahwa kehidupan manusia erat kaitannya dengan berbagai pengalaman kebersamaan antar manusia.

2. Lapis pandan

6 Kue Tradisional Berwarna Hijau untuk Camilan saat Imleklapis pandan (instagram.com/dessy_cookies)

Kue lapis ini aromanya khas dari pandan dengan rasa yang unik. Tampilannya cantik dengan lapisan-lapisan yang terbentuk secara bertingkat.

Lapis pandan teksturnya lembut dan kenyal. Kue ini sering dijadikan camilan dalam acara spesial, seperti perayaan keagamaan atau acara keluarga.

3. Kue ku

6 Kue Tradisional Berwarna Hijau untuk Camilan saat Imlekkue ku hijau (instagram.com/linagui.kitchen)

Kue ku merupakan salah satu jenis kue tradisional Tionghoa yang populer di Indonesia. Bentuknya persegi dengan lapisan kulit yang kenyal dan isian manis di dalamnya.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Kue ku sering disajikan dalam berbagai acara, seperti perayaan Imlek, pernikahan, dan acara penting lainnya. Biasanya, makanan ini berwarna merah, tetapi ada juga yang berwarna hijau berasal dari sari pandan.

Baca Juga: 12 Makanan Imlek Ini Dipercaya Bawa Keberuntungan dan Harapan

4. Kue mendut

6 Kue Tradisional Berwarna Hijau untuk Camilan saat Imlekkue mendut (commons.wikimedia.org/Rika Ernawati)

Kue mendut terbuat dari bahan utama seperti ketan dan kelapa parut. Teksturnya kenyal dengan rasa yang manis. Kue tradisional ini sering disajikan dalam keadaan segar dan hangat.

Cukup populer, kue mendut sering ditemui di pasar, toko kue, dan pedagang kaki lima. Kue mendut memiliki variasi rasa, seperti orisinal, cokelat, dan pandan.

5. Kue mangkuk

6 Kue Tradisional Berwarna Hijau untuk Camilan saat Imlekkue mangkuk (instagram.com/veronicadhani)

Dinamakan kue mangkuk, karena jenis kue ini memiliki bentuk seperti mangkuk kecil atau cawan. Dessert ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, gula, dan bahan lainnya, lalu dipanggang dalam cetakan khusus berbentuk mangkuk kecil.

Kue mangkuk teksturnya terasa lembut di dalam dan renyah di bagian luar. Kue ini biasanya berwarna merah, hijau, dan kuning.

6. Bolu gulung pandan

6 Kue Tradisional Berwarna Hijau untuk Camilan saat Imlekbolu gulung pandan (vecteezy.com/Bigc Studio)

Bolu gulung pandan jadi salah satu varian dari kue yang populer di Indonesia. Kue ini memiliki warna hijau khas dengan aroma pandan yang wangi. Bolu gulung sering disajikan sebagai kudapan saat perayaan Imlek. Rasanya dominan manis dan gurih, sehingga membuat camilan ini cocok dinikmati oleh siapa saja yang pas untuk hampers.

Kue tradisional dengan warna hijau memberikan makna positif untuk perayaan Tahun Baru Imlek dan kehidupan di masa mendatang. Gimana, kamu tertarik menyajikan kue tradisional berwarna hijau untuk perayaan Imlek?

Baca Juga: Rekomendasi Resto Chinese Food untuk Rayakan Imlek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Adblock test (Why?)


6 Kue Tradisional Berwarna Hijau untuk Camilan saat Imlek - IDN Times
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...