Rechercher dans ce blog

Saturday, April 1, 2023

Hadiri Pasar Ramadan, Zulhas Borong Minyakita-Bahan Kue buat Warga - detikFinance

Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menghadiri pelaksanan Pasar Ramadan 2023 di Kids Republik School Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (1/4/2023). Pasar Ramadan ini dalam rangka menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok menjelang Lebaran.

Adapun dalam acara tersebut, pria yang akrab dipanggil Zulhas ini sempat borong 500 pack minyak goreng minyakita dan 400 paket bahan baku kue (tepung beras, tepung ketan, margarin, santan) untuk dibagikan kepada warga yang hadir di acara tersebut.

Adapun harga satu pack Minyakita dibandrol sesuai HET sebesar Rp 14.000 per liter. Sedangkan harga satu paket bahan baku kue seharga Rp 20.000 per paketnya.

Dengan begitu ia menghabiskan Rp 7 juta untuk minyakita dan Rp 8 juta untuk paket bahan baku kue. Bila ditotal Zulhas mengeluarkan Rp 15 juta untuk bagi-bagi minyak goreng dan bahan baku kue.

"Iya itu tadi pakai uang pribadi Pak menteri," ujar salah satu penjaga stan di sana.

"Tadi itu ada paket 400, bayarnya Rp 8 juta. Kalau yang minyak goreng tadi ada 500, satunya Rp 14.000 jadi berapa tuh? Nah iya Rp 7 juta," jelasnya lagi.

Lebih lanjut dalam acara tersebut Mendag mengungkapkan, bahan pokok yang dijual di pasar murah ini terdiri dari gula, tepung, minyak goreng, beras, daging sapi, daging ayam, telur, hingga margarin.

"Bazarnya ada gula, tepung buat bikin kue, buat masak-masak minyak goreng, itu juga ada beras, daging, telur, ayam, ada margarin, lengkap pokoknya bisa lebaran di sini," kata Zulhas di Kids Republik School Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (1/4/2023).

Ia berharap dengan adanya acara ini, masyarakat dapat mengakses sembako murah menjelang Lebaran. "Mudah-mudahan ini bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan akses harga yang ditetapkan oleh pemerintah," ungkapnya.

Mendag Zulhas borong Minyakita-bahan kue dibagikan ke wargaMendag Zulhas borong Minyakita-bahan kue dibagikan ke warga Foto: Ignacio Geordi Oswaldo/detikcom

Menurut Zulhas, kegiatan pasar murah tersebut akan diselenggarakan di beberapa kota lainnya hingga menjelang Idul Fitri. Pasar murah akan menjual barang-barang kebutuhan pokok sesuai dengan harga eceran yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Setiap hari ada dua tempat, mulai dari hari ini sampai lebaran. Tempatnya nanti pindah-pindah," ujar Zulhas.

Sebagai informasi, acara tersebut dimulai sekitar pukul 12.54 WIB setelah Zulhas hadir di lokasi dan berakhir setelah berjalan kurang lebih satu jam karena barang-barang yang ada sudah habis terjual.

(hns/hns)

Adblock test (Why?)


Hadiri Pasar Ramadan, Zulhas Borong Minyakita-Bahan Kue buat Warga - detikFinance
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...