Rechercher dans ce blog

Tuesday, April 18, 2023

Resep Kue Apem Kukus dan Cara Membuatnya - Medcom.Id

Jakarta: Kue apem sering kita temui dalam berbagai acara khusus, seperti hajatan, selamatan, hingga acara menyambut bulan Ramadan. Cita rasanya yang manis hingga teksturnya yang lembut membuat kue ini disukai banyak orang.

Kue apem dikenal sebagai salah satu makanan tradisional di Yogyakarta dan daerah lain di Pulau Jawa. Tak hanya terasa enak, kue ini juga menyimpan sejumlah nilai sejarah yang menarik, lho.

Asal usul kue apem

Dilansir dari Jateng Travel Guide, kue apem merupakan makanan yang berasal dari India. Di negara tersebut, kue apem dikenal dengan sebutan “Appam”. Namanya pun hampir dengan penyebutan di Indonesia.

Keturunan Prabu Brawijaya, Ki Ageng Gribig, dikenal sebagai sosok yang memperkenalkan kue apem kepada masyarakat Indonesia. Pada saat itu, beliau kembali dari perjalanan tanah suci dengan membawa kue apem. Kue tersebut pun dibagikan kepada masyarakat sekitar. Sejak saat itu, kue apem pun menjadi sebuah budaya di masyarakat.

Kata “apem” sendiri diketahui berasal dari bahasa Arab, yakni "afuan" atau "afuwwun" yang berarti pengampunan. Maka, di dalam filosofi Jawa, kue ini pun memiliki arti pengampunan dari berbagai kesalahan.
 

Resep kue apem

Kue apem merupakan makanan yang terbuat tepung beras, ragi, santan, serta bahan lainnya. Selain bahan yang mudah didapatkan, kue apem juga mudah dibuat, lho.
Penasaran gimana buatnya? Mengutip dari Endeus TV, berikut cara membuat kue apem.

Bahan kue apem

  • 75 ml santan kental
  • 300 ml air
  • 200 g gula pasir
  • ½ sdt ekstrak vanila
  • ½ sdt garam
  • 2 lembar daun pandan, ikat simpul
  • 200 g tepung beras
  • 80 g tepung terigu serba guna
  • 1 sdt ragi
  • 1 sdt baking powder
  • Pewarna makanan merah, secukupnya

Cara membuat kue apem

  1. Rebus santan, air, gula pasir, ekstrak vanilla, garam, dan daun panci. Masak dengan api kecil hingga mendidih. Lalu, angkat dan biarkan hingga suhu hangat kukuh. Sisihkan daun pandan.
  2. Tuang santan ke dalam wadah. Lalu, tambahkan tepung beras, tepung terigu, ragi, baking powder, dan pewarna makanan merah. Aduk menggunakan whisk hingga licin.
  3. Tutup wadah tersebut dengan kain bersih. Istirahatkan adonan kurang lebih 30 - 45 menit hingga berbuih. Saring adonan.
  4. Panaskan cetakan kue mangkok bervolume 75ml.
  5. Tuang adonan ke dalam cetakan kue mangkok yang sudah dipanaskan hingga penuh.
  6. Kukus dalam dandang panas hingga kue matang dan mengembang (sekitar 15 menit).
  7. Angkat dan keluarkan dari cetakan.
  8. Sajikan selagi hangat.

(Arfinna Erliencani)
(WAN)

Adblock test (Why?)


Resep Kue Apem Kukus dan Cara Membuatnya - Medcom.Id
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...