Rechercher dans ce blog

Saturday, May 27, 2023

Kue Cubit, Jajanan Tradisional Indonesia Modifikasi Poffertjes Belanda - Sukabumi Update - Sukabumi Update

SUKABUMIUPDATE.com - Kue cubit tak hanya populer di daerah asalnya, yaitu Jakarta. Tetapi juga dikenal luas oleh masyarakat Sukabumi alias Kota Mochi.

Jajanan tradisional bernama Kue cubit ini berukuran mini. Cocok disantap menjadi cemilan saat sedang santai.

Asal-usul Kue cubit, sebagaimana dikutip via Tempo, disebut berakar dari kuliner Belanda. Sebagai kue yang berbahan tepung terigu, gula pasir, dan susu cair ini, Kue cubit memiliki rasa yang manis dan gurih. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Belanja Grosir di Sukabumi, Harga Murah Bisa Eceran!

Banyak yang percaya dinamakan Kue cubit karena diambil dengan penjepit saat sudah matang. Sehingga terlihat seperti sedang dicubit ketika diangkat dari cetakan. 

Hingga saat ini, tak banyak informasi mengenai asal-usul keberadaan Kue cubit di Indonesia. Sehingga tidak diketahui siapa yang pertama kali membuat dan mempopulerkan kue ini. 

Dilansir dari situs Seni Budaya Betawi, Kue cubit dijelaskan sebagai salah satu akulturasi dari kuliner Belanda. Kue itu disebut hasil modifikasi dari kue Poffertjes

Poffertjes adalah kue tradisional asal Belanda. Mereka memiliki tampilan mirip panekuk, tetapi berukuran lebih kecil dan manis. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Toko Baju Murah di Sukabumi, Buka Setiap Hari!

Poffertjes dibawa bangsa Belanda ke Indonesia pada masa Hindia Belanda. Pada zaman itu, Belanda memang cukup mempengaruhi seni memasak kue tradisional Indonesia. 

Adblock test (Why?)


Kue Cubit, Jajanan Tradisional Indonesia Modifikasi Poffertjes Belanda - Sukabumi Update - Sukabumi Update
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...