Rechercher dans ce blog

Monday, June 26, 2023

Kue Bugis Jadi Salah Satu Kuliner Andalan Warga Bone Jalani Pelatihan Membuatnya - news.republika.co.id

REPUBLIKA.CO.ID, BONE -- Bergerak di Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana, Dusun Maccini, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, para relawan melakukan kegiatan bertajuk pengembangan usaha kue khas Bugis Baruasa dengan masyarakat setempat. Kue Baruasa adalah kue kering khas Sulawesi. Terbuat dari campuran tepung beras, kuning telur, gula aren atau gula putih, mentega, kelapa parut dan kayu manis. Setelah itu dibentuk bulatan lalu dipanggang di oven. 

Sekertaris Mak Ganjar Sulsel Aryanti Amran menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka mendorong kemandirian ibu-ibu agar memicu peluang usaha melalui kegiatan kreatif. Terutama makanan tradisional khas Bugis seperti kue Baruasa. 

“Agar mak-mak bisa mandiri dan tahu bagaimana cara pembuatan kue baruasa. Di mana kue ini biasa dibuat saat pengantin di daerah daerah Bugis,” ujar Aryanti seperti dilansir pada Senin (26/6/2023) 

Aryanti mengatakan, masyarakat pun sangat antusias  mengikuti kegiatan pengembangan usaha kue khas Bugis Baruasa tersebut. 

 

“Respons sangat positif dan mereka sangat antusias sekali dengan kehadiran Mak Ganjar. Mereka berharap ke depannya ada acara seperti ini,” kata Aryanti. 

Lebih lanjut, Aryanti berharap pascaadanya kegiatan tersebut para mak-mak di Desa Cenrana Baru, bisa terus mengembangkan karyanya. 

“Semoga ibu-ibu tidak akan menjadi ibu rumah tangga saja, tapi lebih berkarya lagi dengan membuat kue khas Bugis,” ungkapnya. 

Salah seorang warga Desa Cenrana Baru, Hasni mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Mak Ganjar. Karena sangat memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya emak-emak. 

“Saya sebagai masyarakat atau perempuan di desa ini sangat berterima kasih dengan kunjungan kegiatan ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi ibu-ibu di kampung saya,” kata Hasni. 

Sebelumnya, kelompok serupa juga melakukan pelatihan serupa yakni membuat camilan kepada kalangan ibu-ibu di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Silaturahmi terjalin dengan ibu-ibu di Desa Pasuruhan Kidul, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Korwil Jateng Panca Susilowati mengatakan dalam kesempatan itu pihaknya juga menggandeng ibu-ibu setempat untuk membuat camilan yang digemari semua kalangan.

“Kami belajar bersama membuat camilan yang banyak digemari yaitu Kue Sakura,” ujar Panca. 

Ia menyebut total ada puluhan mak-mak yang ikut dan bersama membuat camilan yang tentunya memiliki nilai jual. “Ibu-ibu sangat semangat dan antusias sekali dalam pelatihan hari ini,” kata dia, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara

Adblock test (Why?)


Kue Bugis Jadi Salah Satu Kuliner Andalan, Warga Bone Jalani Pelatihan Membuatnya - news.republika.co.id
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...