Rechercher dans ce blog

Sunday, June 11, 2023

Sejarah dan Cara Membuat Ombus-ombus, Kue Tradisional Khas Batak - detikSumut

Medan -

Ombus-ombus merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung beras atau ketan, kelapa parut, dan gula merah. Makanan yang sudah lama menjadi bagian dari budaya Batak tersebut sangat enak disajikan bersama kopi atau teh hangat.

Memiliki filosofi harus memuaskan, sehat, dan hangat, simak sejarah dan cara membuat ombus-ombus berikut yang dilansir dari Journal of Research in Humanities and Social Science tentang "Ombus-ombus: Makanan Tradisional dari Batak".

Sejarah Ombus-ombus

Ombus-ombus pertama kali dibuat oleh Musik Sihombing pada tahun 1940. Saat itu, pergerakan ekonomi masyarakat di Kecamatan Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara meningkat karena adanya aktivitas perdagangan.

Awalnya, Musik menghidangkan lepat rasa nasi dengan lelehan gula merah, berbentuk kerucut, berjajar daun pisang yang diberi nama "Lappet Bulung Tetap Panas". Ia melanjutkan usahanya dengan berdagang kue tradisional tersebut.

Seiring berjalannya waktu, "Lappet Bulung Tetap Panas" diteruskan oleh pria Batak bernama Anggiat Siahaan. Anggiat pun berdagang menggunakan sepeda dan mengganti nama lappet yang ia jual menjadi "Ombus-ombus No. 1".

Dalam bahasa Batak, ombus-ombus berarti tiup-tiup. Pemberian nama itu sendiri dikarenakan ombus-ombus lebih nikmat jika disantap saat panas. "Ombus-ombus No. 1" berada di dekat terminal Siborong-borong dan sudah berdiri sejak tahun 1970-an.

Dahulu, masyarakat Batak Tapanuli mengatakan bahwa ombus-ombus dibuat sebagai ucapan syukur atas hasil panen padi. Selain itu, ombus-ombus juga mulai disajikan dalam upacara adat masyarakat Batak, seperti acara pernikahan dan acara kematian.

Cara Membuat Ombus-ombus

1. Campurkan 100 gram tepung beras atau ketan dan 100 gram kelapa parut. Tambahkan ½ sendok teh garam dan aduk hingga tercampur rata.

2. Potong daun pisang menjadi bentuk persegi panjang dengan ukuran 5×10 cm dan lipat menjadi bentuk kerucut.

3. Masukkan campuran tepung dan kelapa sampai setengah bentuk kerucut, masukkan ½ sendok teh gula merah, lalu tutup kembali dengan campuran tepung dan kelapa.

4. Rekatkan daun pisang hingga seluruh bagian tertutup rapat dan kukus selama 30-45 menit.

5. Angkat ombus-ombus dari kukusan dan sajikan selagi masih panas. Hidangan ombus-ombus siap untuk disantap.

Nah, demikian sejarah dan cara membuat ombus-ombus, kue tradisional khas Batak. Semoga artikel ini bermanfaat, ya, detikers!

Artikel ini ditulis oleh Felicia Gisela Br Sihite, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detik.com.

Simak Video "Menikmati Gudeg Jogja di Jakbar yang Murah Meriah Mantap"
[Gambas:Video 20detik]
(nkm/nkm)

Adblock test (Why?)


Sejarah dan Cara Membuat Ombus-ombus, Kue Tradisional Khas Batak - detikSumut
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...