Rechercher dans ce blog

Monday, August 21, 2023

10 Kegunaan Baking Soda di Rumah, Bukan Cuma buat Kue Lho! - detikProperti

Daftar Isi

Jakarta -

Baking soda umumnya digunakan sebagai pengembang adonan kue. Tapi kamu tau nggak kalau baking soda bisa digunakan untuk membersihkan rumah. Baking soda merupakan zat tepung yang berfungsi sebagai penyerap bau dan abrasif ringan yang dapat dengan cepat merontokkan kotoran yang menempel tanpa merusak permukaan.

Kamu dapat menghilangkan bekas minyak, membuka saluran air yang mampet, dan banyak lagi dengan menggabungkan baking soda dengan alat pembersih. Mengutip dari bhg.com (21/08/2023), membagikan beberapa kegunaan baking soda untuk membersihkan rumah.

Membersihkan shower

Debra Johnson, direktur operasi di Merry Maids membagikan cara menjaga shower tetap bersih dan segar menggunakan baking soda. Caranya mudah, taburkan sedikit baking soda lalu campur dengan satu tetes sabun cuci piring di atas kain microfiber. Remas hingga muncul busa kemudian gosok dinding shower.

Membersihkan pipa yang mampet

Dengan bantuan baking soda kamu bisa menjaga saluran air di kamar mandi atau wastafel tetap bersih dan tidak mampet. Caranya, siram air panas ke saluran sebelum menaburkan setengah cangkir baking soda. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air panas untuk menghilangkan bau apeknya.

Mengepel lantai

Caranya gampang kamu tinggal campur ½ cangkir baking soda di dalam ember yang berisi air panas. Kemudian kamu tinggal gunakan seperti cairan pembersih biasa.

Menghilangkan bekas minyak dan panci gosong

Taruh panci gosong di baskom. Masukkan cuka ke dalam microwave hingga panas lalu tabur baking soda di panci dan tambah cuka yang telah mendidih. Biarkan bercampur selama 30 menit. Lap dengan spons basah kemudian bilas hingga bersih.

Membersihkan oven

Oven juga bisa dibersihkan dengan baking soda. Sikat bagian bawah dan sisi oven dengan campuran air dan baking soda. Semprot pasta baking soda dengan cuka dan biarkan berbusa kemudian ulangi hingga sampai bersih.

Membersihkan bak cuci piring

Menggabungkan baking soda dengan lemon dapat menciptakan pembersih ampuh untuk bak cuci piring. Potong lemon menjadi dua bagian kemudian taburkan baking soda di atasnya lalu gosok ke permukaan bak cuci piring.

Membersihkan lantai kamar mandi

Untuk lantai kamar mandi , taburkan baking soda, semprot sedikit sabun cuci lalu gosok lantai dengan sikat basah. Bilas semua permukaan lantai dengan air hangat. Lap dinding dan lantai dengan kain microfiber kering. Bersihkan tirai shower dengan kain microfiber lembap yang ditaburi soda kue kemudian bilas dengan air panas.

Menghilangkan bau sepatu

Sepatu merupakan sarang bakteri penghasil bau berkembang. Untuk menghilangkan bau di sepatu kamu, taburkan baking soda ke dalam sepatu secara merata dan diamkan semalaman.

Membersihkan permukaan yang dicat

Permukaan yang dicat membutuhkan perlakuan khusus untuk dibersihkan agar tidak merusak catnya. Taburkan baking soda di atas spons lembab dan gosok perlahan di atas permukaan yang terdapat noda kotor setelah itu lap dengan kain kering. Cara ini ampuh buat noda minyak, sidik jari,dan tinta.

Membersihkan pakaian

Buat pakaian kamu tetap kinclong dan wangi dengan bantuan baking soda. Tambahkan ½ cangkir baking soda untuk setiap cucian ditambah dengan deterjen. Cara ini juga dapat membantu menghilangkan bau keringat dari baju kotor.

Simak Video "Mau Renovasi Rumah, Perlu Izin Tetangga Nggak ya?"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

Adblock test (Why?)


10 Kegunaan Baking Soda di Rumah, Bukan Cuma buat Kue Lho! - detikProperti
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...