Rechercher dans ce blog

Monday, August 21, 2023

18 Jenis Kue Tradisional Khas Indonesia yang Manis dan Gurih - detikFood

Jakarta -

Indonesia mempunyai berbagai kue tradisional dengan aneka rasa yang khas. Berbagai kue ini berasal dari sebuah daerah di Indonesia.

Ada yang memiliki rasa yang manis dan gurih. Biasanya kue-kue ini disajikan untuk tamu-tamu dalam sebuah acara ataupun menjadi cemilan sehari-hari. Apa saja jenis kue tradisional khas Indonesia ini?

Jenis Kue Tradisional Indonesia

Jenis-jenis kue tradisional yang biasa ditemui di pasaran yaitu mulai dari getuk, kue rangi, wajik, putu hingga lemper. Bentuk dan rasanya begitu bervariasi.

1. Getuk

Getuk Singkong Gula ArenGetuk Singkong Gula Aren Foto: detikfood/Odilia

Mengutip Buku Jajanan Tradisional Asli Indonesia oleh Paskalina Oktavianawati, getuk merupakan kue khas Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kue ini terbuat dari singkong yang direbus, kemudian ditumbuk, lalu diberi gula. Saat disajikan, getuk taburi dengan parutan kelapa.

2. Onde-onde

Resep Onde-onde DonatOnde-onde Donat. Foto: Detikfood

Menurut buku Cambridge IGCSE Bahasa Indonesia Coursebook oleh Sofia Sinaga dan Basuki, onde-onde berbentuk bola-bola yang diisi dengan olahan kacang hijau. Bagian kulitnya terbuat dari olahan tepung ketan atau tepung beras yang dibaluri dengan wijen.

Keharuman wijennya menambah selera untuk menikmati kue ini. Kini, onde-onde juga ada yang diisi dengan olahan coklat, keju dan lainnya.

3. Kue Rangi

kue rangi di ragunankue rangi. Foto: Detikfood

Kue Rangi menjadi jajanan yang mungkin seringkali kamu temui di jalan. Kue ini memang merupakan jajanan khas Betawi.

Kue Rangi dibuat dengan cetakan dan tungku yang dibakar. Cetakan yang dipakai untuk kue rangi mirip dengan kue pancong. Adonannya terbuat dari campuran tepung sagu dan kelapa parut dengan saus gula merah yang kental

4. Jalangkote

Resep JalangkoteJalangkote. Foto: Dok. Dian Mutiarawati

Kue Jalangkote berasal dari Sulawesi Selatan. Bentuknya mirip dengan pastel, namun kulitnya lebih tipis. Isiannya mulai dari potongan kentang rebus, wortel, mi aau bisa diganti dengan bihun.

Setelah digoreng, Jalangkote akan disandingkan dengan saus yang khas. Berbeda dengan pasta, saus jalangkote dibuat dari olahan campuran cuka dan cabai.

5. Roko-roko Unti

Kue Roko-roko Unti khas SulselKue Roko-roko Unti. Foto: Rahma Amin

Masih dari Sulawesi Selatan, ada Roko-roko Unti yang biasanya dihidangkan saat petani sedang masuk musim panen. Kue ini terbuat dari adonan tepung beras yang yang diisi dengan pisang raja.

Saat membuatnya, adonan tepung beras diberi sedikit air hangat agar kental, lalu dicampur dengan kelapa parut. Kemudian saat sudah melumuri pisang, kue ini dibungkus dengan daun pisang.

6. Klepon

Klepon Gianyar Sejak 1980 'Paling Enak di Dunia'Klepon Gianyar. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Klepon merupakan kue berwarna hijau yang berbahan dasar beras ketan. Biasanya, klepon diisi dengan gula merah cair dan direbus dan disajikan dengan balutan parutan kelapa. Menurut situs Indonesia Baik dari Kemkominfo, klepon berasal dari Jawa, tapi juga dikenal di Sumatera dan Sulawesi.

7. Apem

Resep Apem Gula MerahResep Apem Gula Merah. Foto: Dok. Malichatun

Mengutip buku Cara Membuat Kue Serabi, kue apem berbahan dasar tepung beras, tepung terigu, santan, gula jawa dan sedikit tape singkong. Kue ini kemudian digoreng di atas wajan dengan sedikit olesan minyak.

Di Jogja yang masih kental dengan tradisi Jawa dan adat istiadat keraton, ada tradisi yang bernama apeman. Kue apem ini biasanya dibuat sebagai salah satu rangkaian untuk memperingati bertahtanya sultan.

8. Wajik

Wajik Gula ArenWajik Gula Aren. Foto: detikfood/Odilia

Wajik adalah kue basah dari Jawa Tengah yang dibuat dari ketan kukus, lalu dicampur dengan santan dan gula jawa atau gula pasir. Jika ingin menggunakan gula pasir, maka harus ditambahkan zat pewarna. Setelah kering, adonan dicetak dalam baki atau tampah, lalu dipotong-potong setelah dingin.

9. Putu

UGC Resep DetikfoodKue putu. Foto: detik

Kue putu biasanya dijual dengan gerobak dengan bunyi yang khas. Kue ini dibuat dari butiran kasar tepung beras, parutan kelapa yang dimasak dalam tabung bambu kecil dan diisi dengan gula merah.

10. Lemper

Resep Lemper Abon SapiLemper Abon Sapi. Foto: Dok. Malichatun

Lemper merupakan camilan ketan beras yang diisi ayam atau abon, lalu dibalit dengan daun pisang. Adonan lemper yang sudah selesai dibuat akan dibentuk menjadi bulat lonjong dan dibungkus dengan daun pisang. Memasak lemper bisa dikukus dan dibakar agar aroma daun pisangnya bisa menguat.

11. Bika Ambon

Bika Ambon, Sliced Yellow Honeycomb Cake Popular from Medan, Indonesia. Yellow Color Came from CurcuminBika Ambon. Foto: Getty Images/iStockphoto/Ika Rahma

Bika Ambon adalah kue yang berasal dari Medan, Sumatera Utara. Menurut buku 101 Kue Nusantara oleh Puspa Swara Dapur Lestari, Bika Ambon dibuat dari adonan tepung serbaguna, ragi instan, gula pasir, air kelapa. Selanjutnya ada beberapa bahan-bahan
lainnya seperti santan kental, daun jeruk, daun pandan, telur, gula pasir, garam halus, tepung singkong hingga kenari iris. Bahan-bahan ini kemudian di oven.

12. Cenil

Santai Sore di Waroeng Jawa Sambil Ngemil Cenil dan Wedang RondeCenil. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Cenil adalah kue tradisional yang mempunyai tekstur kenyal. Biasanya kue ini terdiri dari warna pink dan putih atau warna hijau.

Cenil terbuat dari tepung kanji, air dan juga garam. Saat disajikan cenil ditaburi parutan kelapa bercampur garam dan siraman gula merah.

13. Ongol-ongol

Ongol-ongolOngol-ongol. Foto: Ari Saputra

Ongol-ongol terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan gula jawa dan diberi taburan kelapa. Rasa gurih dan legit karena taburan kepala di atas ongol-ongol yang kenyal membuat jajanan ini berbeda dari yang lain.

14. Kue Lapis

Kue lapis. Indonesian traditional cake with colorful layered soft rice flour puddingKue lapis. Foto: Getty Images/iStockphoto/Hendra Su

Lapisan kue yang berwarna-warni dari kue lapis membuat tampilannya menarik. Kue khas Betawi ini terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam, dan pewarna makanan.

15. Carabikang

Carabikang or cara bikang cake is an Indonesian traditional pancake made from rice flour. shaped like a blooming flower.Carabikang yang kadang disebut cara bikang atau corobikqng. Foto: Getty Images/iStockphoto/sri widyowati

Carabikang atau corobikang merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung beras, dengan rasa manis dan tekstur lembut berserat. Kue khas Jawa Tengah ini berbentuk seperti bunga merekah dengan warna yang cantik.

16. Kue Talam

talam gula aren dan suji jajanan pasar indonesiaKue talam. Foto: Getty Images/iStockphoto/rikirisnandar

Kue talam menjadi kue tradisional yang cukup digemari. Bahan dasar untuk membuat kue talam adalah tepung beras, tepung tapioka, gula dan garam. Ciri dari kue khas betawi ini yaitu bertekstur lembut dan agak kenyal.

17. Kue Mendut

Resep Kue MendutKue mendut. Foto: Detikfood

Kue mendut terbuat dari tepung ketan. Kue ini dicetak bulat sebesar lereng dan diisi dengan kelapa parut yang sudah dimasak dengan gula. Kue ini kemudian dibungkus dengan daun pisang. Saat disajikan, kue ini diguyur dengan santan kental.

18. Lepet

kue lepet.Kue lepet. Foto: Getty Images/Tersi Alesti

Lepet pertama kali muncul di Jawa Tengah. Kue ini berbahan dasar beras ketan, kelapa muda dan garam yang dicampur menjadi satu. Kemudian, kue dibungkus dengan janur dengan bentuk memanjang. Cara pengolahannya yaitu direbus.

Itulah berbagai jenis kue tradisional khas Indonesia dari yang manis hingga gurih. Kamu suka yang mana?

Simak Video "Menikmati Jajanan Tradisional Kue Apem Kicir"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/row)

Adblock test (Why?)


18 Jenis Kue Tradisional Khas Indonesia yang Manis dan Gurih - detikFood
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...