Rechercher dans ce blog

Friday, August 11, 2023

Batu Street Food Festival #6 2023, Pecahkan Rekor Muri Kue Strudel 780 Meter - Radar Malang - Radar Malang

 

BATU - Event Batu Street Food Festival (BSFF) #6 2023 di Balai Kota Among Tani Kota Batu berlangsung meriah, Jumat kemarin (11/8). Pasalnya, ada yang berbeda dalam rangkaian BSFF tahun ini. Selain ada sajian kuliner yang harganya kaki lima dengan rasa hotel berbintang, Kota Batu berhasil meraih Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) karena pembuatan kue strudel sepanjang 780 meter.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengatakan, acara Batu Street Food Festival harus terus diperjuangkan dan dikembangkan. "Kami berharap ajang seperti ini bisa masuk ke tingkat nasional hingga kancah internasional," terangnya.

 

PEMBUKAAN: Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai dan mantan Wali Kota Dewanti Rumpko dan Wawali Punjul Santoso hadiri pembukaan BSFF 2023. (Afifah Rahmatika )

Aries menyampaikan, dalam kegiatan ini pihaknya bangga dengan sajian kuliner hotel dan restoran di Kota Batu yang luar biasa. "Dan, pada acara ini ada para Veteran atau pejuang bangsa. Khusus Veteran silakan menikmati sajian kuliner Batu Street Food Festival secara gratis. Hal ini sebagai bentuk apresiasi kami," tuturnya.

Sedangkan Staf Ahli Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Fadjar Hutomo menyampaikan, kuliner adalah salah satu dari 17 sub-sektor ekonomi kreatif. "Kuliner bisa menyumbang 40 persen pemasukan ekonomi. Sedangkan, kriya dan fashion termasuk 3 besarnya," ungkap dia. Artinya, Kota Batu terbukti bukan hanya menang dalam keindahan alamnya tetapi juga budaya yang dipresentasikan ke bidang kuliner sangat luar biasa.

 

KULINER HOTEL: Sejumlah stan kuliner dari beberapa hotel di Kota Batu yang menyuguhkan menu denganharga kaki lima.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu Arief As-Siddiq mengaku bangga dengan antusias masyarakat Kota Batu. Selain itu, menariknya ada pemecahan rekor Muri Manalagi Strudel sepanjang 780 meter di Gedung Graha Pancasila. "Dipilihnya angka 780 meter karena disesuaikan dengan angka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 RI," bebernya.

Sementara itu,  pembuatan strudel dengan bahan apel ini melibatkan 120 orang. Ada 6 chef, 60 pelajar SMKN 1 Kota Batu, dan lain-lain. Waktu yang dibutuhkan  lebih dari satu minggu. "Untuk apelnya kami dapat secara gratis sebanyak 520 kilogram," ceritanya.

 

PANJANG: Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menunjukkan kue strudel berbahan apel terpanjang yang memecahkan rekor Muri. (Afifah Rahmatika)

Event Batu Street Food Festival  yang dimulai tahun 2017 itu merupakan inisiasi dari PHRI Kota Batu. Yang mana pada tahun 2023 ini sekaligus penggagas rekor Muri pembuatan strudel  berbahan apel terpanjang. PHRI bekerja sama dengan Duta Petani Milenial Kementerian Pertanian. Ini  menjadi salah satu dari 110 event dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.(ifa/lid)

Adblock test (Why?)


Batu Street Food Festival #6 2023, Pecahkan Rekor Muri Kue Strudel 780 Meter - Radar Malang - Radar Malang
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...