Rechercher dans ce blog

Wednesday, November 8, 2023

Kue Mipan, Hidangan Khas Tionghoa yang Padukan Rasa Manis dan Gurih, Bisa Didapat di Mana? - Jawa Pos - JawaPos

JawaPos.com – Sebagai pusat Chinatown, Glodok, Jakarta Barat memang merupakan tempat yang kaya akan warisan kuliner dan elemen-elemen budaya Tionghoa. Petak Sembilan yang merupakan pasar tradisional menyediakan beragam barang, termasuk pakaian, bahan makanan, dan makanan.

Salah satu hidangan yang wajib dicoba di sana adalah kue mipan. Kue mipan adalah makanan ringan yang terbuat dari campuran tepung beras ketan, air khi (air dari abu batang padi), saus gula merah, dan bawang putih goreng.

Air khi adalah ciri khas utama dalam hidangan ini, dan nama ‘mipan’ diambil dari bahasa Hakka yang berarti ‘kue beras’ mencerminkan bahan dasar tepung beras yang digunakan.

Harga satu porsi kue mipan adalah Rp 8.000. Biasanya, kue ini disajikan dalam loyang bulat kecil, dipotong segitiga seperti pizza, lalu disiram dengan saus gula merah dan saus bawang putih goreng.

Baca Juga: Kue Lapis Kukus Motif Tenun Viral! Seloyang Dibanderol Seharga Rp 1,2 Juta, Proses Pembuatan Selama 6 Jam

Gabungan dua bahan baku ini memberikan rasa yang khas dan sulit ditemukan dalam hidangan lainnya. Rasanya manis dan gurih dengan sentuhan sedikit rasa telur.

Dibandingkan dengan kue lupis, walaupun mirip, kue mipan memiliki karakteristiknya sendiri berkat kehadiran bawang putih goreng. Kue ini sering disantap sebagai camilan, meskipun ada juga yang menikmatinya sebagai hidangan penutup.

Dikutip dari akun media sosial Instagram @angkytann pada Senin (6/11), kue mipan atau kue beras Tionghoa yang dijual di sebuah gang kecil di Jalan Kemenangan Raya, Glodok, Jakarta Barat itu dijajakan dengan menggunakan keranjang anyam berukuran besar.

Baca Juga: Komitmen Majukan UMKM, Ganjar Praktekan Pembuatan Kue Lapis Khas Palembang

Ole, pedagang kue mipan satu-satunya di Glodok menjelaskan bahwa dagangannya setiap hari laris manis dikejar oleh para pembeli. Ia kerap kali berhasil menjual habis 80 porsi kue mipan hanya dalam satu jam setelah membuka lapak dari jam 11 pagi.

“Makanan legendaris ini adalah makanan khas kampung sejak sebelum saya lahir, saya tidak tahu pasti tahunnya,” katanya.

Kue ini juga bisa dibawa pulang dengan dibungkus dalam kantong plastik. Banyak orang yang kemudian menghadirkan kue ini pada acara keluarga.

Adblock test (Why?)


Kue Mipan, Hidangan Khas Tionghoa yang Padukan Rasa Manis dan Gurih, Bisa Didapat di Mana? - Jawa Pos - JawaPos
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...