Rechercher dans ce blog

Wednesday, November 15, 2023

PNM Cabang Lamongan Dorong Produk Aneka Kue Produksi UMKM Kebomas Agar Jangkauan Pasar Lebih Luas - Radar Gresik - Radar Gresik

RADAR GRESIK - Program klasterisasi atau pengelompokan usaha terus digalakkan oleh PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Lamongan di Kabupaten Gresik. Kali ini PNM Mekaar melakukan klasterisasi kepada puluhan nasabah disektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pembuatan aneka kue kering di Kecamatan Kebomas.


Dalam program klasterisasi di Kecamatan Kebomas, nasabah PNM Mekaar mendapatkan pelatihan tentang tata cara dan strategi dalam mengembangkan penjualan aneka kue kering agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Untuk itu, dalam program klasterisasi kali ini PNM Mekaar mengundang perwakilan PT Shoopee Internasional Indonesia sebagai narasumber sekaligus pembimbing program.


Camat Kebomas, M Jusuf Ansori yang berkesempatan membuka program klasterisasi menyampaikan apresiasinya kepada PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Lamongan yang telah memfasilitasi masyarakat di Kecamatan Kebomas untuk meningkatkan usahanya melalui Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Menurut Jusuf, tidak banyak lembaga permodalan yang mau memperhatikan keberlangsungan usaha nasabahnya seperti PNM.

Baca Juga: PNM Mekaar Unit 3 Menganti Tingkatkan Skill dan Daya Saing, Nasabah Dilatih Ciptakan Produk


"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Gresik mendukung penuh program PNM Mekaar di Kecamatan Kebomas. Menurut kami pelatihan seperti ini memang sangat dibutuhkan oleh para UMKM utamanya ibu-ibu. Sebab, selain mereka bisa menjual produknya melalui tatap muka juga bisa memasarkan aneka kue yang dibuat secara online," kata Jusuf Ansori.

Diungkapkan, Pemerintah daerah siap bekerjasama dengan PNM untuk memberikan fasilitas layanan guna mendukung program PKU, di Kecamatan Kebomas. Antara lain seperti pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB), pengurusan sertifikasi halal hingga pelatihan E-Catalog bagi para nasabah PNM Mekaar agar bisa menjual produknya dilingkungan Pemerintah daerah.

"Semoga pelatihan yang didapatkan hari ini bisa bermanfaat dan meningkatkan omset penjualan," tandasnya.

Baca Juga: Pemkab Gresik Wajib Bantu UMKM Mikro Urus Perizinan

Ditempat yang sama, Pimpinan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Lamongan, Anang Fatkhur menambahkan, program klasterisasi ini merupakan tahap lanjutan dari program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yang selama ini menjadi ciri khas layanan PNM

Menurut Anang, program klasterirasi merupakan hal yang penting bari pelaku UMKM karena para pelaku dengan usaha yang sejenis bisa saling menguatkan.

"Pelaku UMKM selama ini sudah teruji tahan terhadap berbagai guncangan. Melalui klasterisasi ini kami ingin mereka tidak hanya tahan saja melainkan memiliki lompatan pendapatan," imbuh Anang.

Baca Juga: Bea Cukai Gresik Fasilitasi Buyer Malaysia Borong Produk UMKM Gresik

Dikatakan, sesuai dengan prinsip Produk Life Circle dimana dalam menjalankan usaha para pelaku UMKM akan memulainya dengan mencari bahan baku, kemudian melakukan proses produksi hingga menjualnya ke konsumen sehingga tercipta rantai hubungan.

Untuk itu melalui klasterisasi ini apabila dalam satu rantai para pelaku UMKM menemui kendala,mereka akan melakukan sharing maupun memberikan support satu sama lain.

Adblock test (Why?)


PNM Cabang Lamongan Dorong Produk Aneka Kue Produksi UMKM Kebomas Agar Jangkauan Pasar Lebih Luas - Radar Gresik - Radar Gresik
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...