Rechercher dans ce blog

Wednesday, November 1, 2023

Resep Kue Lapis Surabaya yang Manis, Gurih, dan Gemoy: Cocok Jadi Teman Ngeteh dan Jadi Ide Jualan - Koran Gala - Koran gala

KORAN GALA - Apakah kue lapis Surabaya memang asli dari Surabaya? Dalam sejarah, kue lapis Surabaya dikenal dengan nama spekkoek yang tercatat sebagai cake warisan Hindia Belanda dan seiring waktu lapis surabaya telah disesuaikan dengan citarasa lidah orang Indonesia.

Ternyata memang kue lapis Surabaya ini asalnya berasal dari Surabaya. Biasanya kue klasik lapis surabaya menjadi hidangan favorit ketika ada acara, seperti arisan atau perayaan hari raya besar.

Kue lapis surabaya umumnya berwarna kuning dan cokelat yang terdiri dari dua lapis dan tiga lapis yakni warna kuning dan cokelat atau warna kuning, cokelat, dan kuning lagi. Lapis surabaya memiliki tekstur lebut, gurih, dan manis di lidah.

Baca Juga: Resep Ramuan Herbal Minuman Penyegar Badan Ala dr. Zaidul Akbar, Cegah Dehidrasi Tak Kalah Segar dari Es Teh

Namun, saat ini meski berasa; dari Surabaya, kue lapis ini banyak di jual di mana-mana. Bahkan, kue ini sering dijajakan di toko atau warung kue dan pasar tradisional. Rasanya yang enak dan nikmat menjadi kue ini favorit masyarakat. Kue ini cocok untuk menjamu tamu, saat arisan ataupun hanya untuk temen nge-teh.

Jika Anda ingin membuatnya di rumah, gampang kok. Ikuti saja resep di bawah ini. Kali saja bisa dijadikan ide jualan. Pasti nambah cuan, berikut resepnya:

Baca Juga: Resep Bolu Lapis Marmer Pandan Coklat, Cake Unik Super Lembut, Cocok Jadi Hantaran untuk Calon Ibu Mertua

Bahan-bahan
6 butir telur
100 gr gula pasir
1 sdt SP
1/4 sdt vanili
100 gr tepung terigu
2 sdm maizena
50 gr margarin + 50 gr butter, cairkan
1 sdt pasta coklat
Pewarna coklat

Baca Juga: Resep Bolu Lapis Catur Vanila Matcha Cetar Membahana Super Praktis, Cantik Dimata Nikmatnya Sampai ke Hati

Cara Membuat:
- Kocok telur, gula, SP, vanili, terigu dan maizena sampai putih mengembang dan kental.
- Masukkan margarin cair, aduk balik dng spatula sampai rata. Bagi adonan menjadi 2 bagian.. Kuning dan coklat (adonan warna kuning lebih banyak).
- Oles loyang ukuran 25x30 cm dng margarin (aku pake loyang 3 sekat) alasi kertas roti dan oles margarin kembali.
- Tuang adonan kuning di sekat 1 dan 2, kemudian adonan coklat di sekat 3.. Oven sampai kulit atas kecoklatan, angkat..

- Ambil satu bolu warna kuning, oles selai, tumpuk bolu warna coklat, beri selai lagi dan tumpuk bolu warna kuning. Rapikan.
- Potong-potong sesuai selera. Dan siap disajikan.***

Adblock test (Why?)


Resep Kue Lapis Surabaya yang Manis, Gurih, dan Gemoy: Cocok Jadi Teman Ngeteh dan Jadi Ide Jualan - Koran Gala - Koran gala
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...