Rechercher dans ce blog

Tuesday, December 12, 2023

Mengapa Kita Makan Kue Saat Hari Ulang Tahun? - detikcom

Jakarta -

Apa yang terpikirkan di benakmu bila mendengar kata ulang tahun? Perayaan, nyanyian, hari bahagia, tiup lilin dan membuat permohonan, hingga proses memakan kue.

Siapa sangka, kehadiran kue ulang tahun tercatat dalam sejarah sejak masa Yunani kuno. Begini sejarahnya dikutip dari laman The Fact Site.

Sejarah Kue Ulang Tahun

Masa Yunani Kuno

Kebiasaan menikmati kue ketika merayakan ulang tahun berawal pada orang Yunani kuno yang terinspirasi dari tradisi orang Mesir kuno. Mereka memiliki tradisi penobatan Firaun sebagai dewa atau dewi yang disebut dengan "birthday" atau hari ulang tahun.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Orang Mesir kuno menganggap kue sebagai hal yang suci dan dibuat sebagai persembahan tanpa darah kepada dewa, raja, dan pahlawan. Langkah ini dinilai sebagai alternatif selain pengorbanan hewan.

Karena terinspirasi, orang Yunani kuno melakukan tradisi ini saat mempersembahkan kue kepada Artemis, sang Dewi Bulan. Hal ini terdapat dalam tulisan kuno Philo Chorus.

Kue ulang tahun suci orang Yunani kuno terbuat dari potongan roti, biskuit, makanan yang dipanggang, dan bolu. Seluruh bahan tersebut dimaniskan dengan madu yang disebut dengan meli.

Di atas kue tersebut juga diletakkan lilin sebagai simbol berkilau bak bulan purnama untuk menghormati Artemis.

Abad Pertengahan

Seiring sejarah, di abad pertengahan orang Jerman merayakan kelahiran Yesus Kristus dengan pajangan natal dan kue ulang tahun. Kue ulang tahun kemudian juga selalu hadir di perayaan ulang tahun anak-anak setelah menjadi bagian dalam peringatan kelahiran Yesus.

Di tahun 1400-an, pesta ulang tahun anak-anak disebut dengan "Kinderfest" di Jerman. Pada hari itu, orang tua akan sibuk membuat kue di pagi hari dan menaruh lilin di atas kue sebagai simbol usia anak tersebut.

Abad ke-16 hingga sekarang

Sejarah kembali berjalan. Di abad ke-16 dan ke-17 terobosan teknologi mulai terjadi. Harga bahan-bahan kue turun secara signifikan sehingga kue bisa dinikmati oleh masyarakat luas.

Pada tahun 1800-an pesta ulang tahun menjadi semakin umum setelah masa revolusi industri. Berbagai konsep "kue modern" juga muncul dengan varian yang semakin banyak.

Kini, kue tak hanya disajikan saat ulang tahun tapi perayaan lainnya. Seperti pernikahan, pencapaian, hingga festival.

Fakta Menarik Kue Ulang Tahun

Ada berbagai fakta menarik tentang kue ulang tahun yang mungkin tak kamu ketahui, seperti:

1. Potongan pertama kue ulang tahun di Meksiko harus diberikan kepada orang yang paling dicintai.

2. Masyarakat Korea Selatan menggunakan kue beras atau tteok bukan kue bolu saat perayaan ulang tahun pertama anak. Hal ini wajib dilakukan.

3. Tteok biasanya dikukus dengan berbagai isian dan bisa disantap dengan sup rumput laut di Korea.

4. Kue ulang tahun tradisional di Denmark berbentuk orang yang berulang tahun. Pembuat kue memiliki sebutan sendiri yakni kagemand bagi pembuat kue pria dan kagekone untuk pembuat kue wanita.

5. Kue ulang tahun tradisional di India bernama kue mawa yang terbuat dari susu dan kacang-kacangan. Kue ini dianggap istimewa karena membutuhkan waktu dan tenaga besar dalam pembuatannya.

6. Kue ulang tahun di Yunani dan Turki bernama Revani dengan tekstur yang lengket. Revani terbuat dari lemon dan semolina dengan lapisan tipis sirup jeruk di atasnya.

7. Bagi kaum Yahudi, kue ulang tahun yang ikonik dinamakan dengan ugat yomledet, sebuah kue bolu berwarna coklat dengan banyak krim kocok diatasnya. Untuk memakannya, seseorang harus mencelupkannya ke dalam susu.

Perayaan ulang tahun mungkin berbeda dari satu negara ke negara lainnya. Namun, ada kesamaan yakni hadirnya kue ulang tahun yang siap disantap secara bersama-sama.

Simak Video "Edisi #74: HABEDE Jakarta Ke-496 Hingga Fakta Unik Ondel-ondel Punya Warna Berbeda!"
[Gambas:Video 20detik]
(det/nwy)

Adblock test (Why?)


Mengapa Kita Makan Kue Saat Hari Ulang Tahun? - detikcom
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...