Rechercher dans ce blog

Wednesday, December 13, 2023

Natal Makin Meriah dengan Suguhan Kue Klasik hingga Kekinian - detikFood

Jakarta -

Saat Natal rasanya tidak lengkap kalau tak menyajikan kue manis. Kue khas Natal, seperti kue kering hingga kekinian bisa memeriahkan momen ini bersama keluarga.

Menyambut Natal yang diperingati setiap 25 Desember, banyak keluarga sudah menyiapkan banyak hal, mulai dari kado, pohon Natal, hingga hidangan spesial. Namun, hari Natal rasanya tidak lengkap tanpa adanya kudapan manis, seperti kue atau dessert khas Natal.

Penyajian kue ini telah menjadi tradisi. Beragam jenis kue spesial Natal bahkan telah tersaji sejak zaman dahulu. Sampai sekarang, beragam kue klasik yang identik dengan Natal tetap menjadi favorit.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

MIsalnya gingerbread atau kue jahe. Kue ini identik dengan Natal karena di negara Barat tanggal 25 Desember sudah masuk ke musim dingin. Kue yang berbahan dasar jahe ini pun dikenal bisa menghangatkan badan.

Kukis dengan bahan dasar jahe ini pun biasanya akan dicetak dengan bentuk menarik, seperti bentuk sinterklas, pohon Natal, atau boneka. Setelah dihias dengan icing sugar warna-warni, kue jahe ini pun tampak lebih spesial.

kue natalMenyambut natal, kamu bisa membuat kue-kue spesial dengan resep yang mudah dan praktis. Foto: Getty Images/kohei_hara

Meskipun kue jahe identik dengan perayaan Natal di seluruh negara, tetapi Indonesia punya kue natalnya tersendiri. Beberapa suku di Indonesia, seperti suku Ambon dan Manado, biasanya menyajikan kue natal yang berbeda.

Di Ambon, mereka biasa menyajikan kue poffertjes, yang bentuknya mirip pancake mini. Kue ini disantap setelah menikmati makanan gurih. Kue ini terinspirasi dari resep poffertjes Belanda. Namun, orang Ambon menambahkan labu kuning, sehingga rasanya lebih legit. Teksturnya juga lebih lembut.

Beralih ke Manado, masyarakat yang merayakan natal di sana juga biasanya menyajikan kue kering berbeda. Bukan kue jahe tetapi mereka lebih sering menyajikan kue seperti, fantasi, sultana, nastar, putri salju, hingga kastengel.

Christmas Log Cake buatan chef Yongki GunawanChristmas Log Cake buatan chef Yongki Gunawan Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Bahan dasar dan rasa masing-masing kue pun berbeda. Misalnya kue fantasi yang berbentuk daun dengan isian selai nanas. Kue sultana juga dipadukan dengan selai nanas dan krenten, tetapi bentuknya segi empat.

Pastinya sudah tidak asing lagi dengan nastar. Kue kering dengan isian selai nanas dan taburan keju diatasnya ini juga biasa disajikan saat natal. Masih banyak lagi kue natal kering khas orang Manado yang disajikan setiap natal.

Terlepas dari kue kering klasik yang selalu disajikan saat natal, ada banyak kreasi kue Natal kekinian yang muncul. Seiring berkembangnya zaman, resep kue Natal berkembang. Sampai terciptalah kreasi kue natal kekinian yang memadukan antara resep kue tradisional dengan sentuhan modern.

Seperti fruit cake cokelat. Fruitcake memang identik sebagai cake khas Natal. Biasanya terdiri dari aneka buah-buahan kering dan kacang-kacangan. Namun, fruit cake bisa dibuat lebih legit dengan menambahkan cokelat spesial. Penambahan coklat dalam adonannya membuat cake ini juga lebih enak.

kue natalKue natal kekinian, berupa Klepon Butter Cake ala chef Agung. Foto: Getty Images/kohei_hara

Selain fruitcake ada juga roll cake yang dibuat lebih spesial. Rasanya tidak sekedar mocha, cokelat, atau nougat biasa, tetapi kamu bisa mencoba buat roll cake dengan isian selai nanas dan keju yang lezat. Semakin enak karena bagian luar roll cake bisa ditambah dengan remahan kulit nastar.

Kue natal klasik hingga kekinian bisa dibuat sendiri di rumah. Para pemula juga bisa membuatnya, asalkan mengikuti resep dan panduan yang sudah teruji.

Untuk mendapatkan resep dan tips-tips membuat kue anti-gagal, detikers bisa ikuti terus ulasan DetikFood yang spesial kali ini. Beberapa tips akan dibagikan oleh chef pastry ternama, seperti Janice Wong, seorang chef pastry dan chocolatier asal Singapura dan Chef Agung, seorang chef pastry yang punya ide kue menarik untuk natal.

Selain tips and trik, dalam ulasan minggu ini, DetikFood juga akan memberi ide resep kue Natal yang menarik. Kami juga akan merekomendasikan hampers kue natal di toko-toko yang terkenal dengan kelezatannya. Oleh karena itu, simak terus artikelnya di DetikFood!

Simak Video "Cocok untuk Natal! Resep Mudah Bikin Marmalade Thumbprint Cookies"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

Adblock test (Why?)


Natal Makin Meriah dengan Suguhan Kue Klasik hingga Kekinian - detikFood
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...