Rechercher dans ce blog

Monday, January 8, 2024

7 Nama Makanan Indonesia yang Berasal dari Singkatan, Ada Kue Putu-Hucap - beautynesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang tidak hanya kaya akan budaya, tetapi juga kaya akan keberagaman kulinernya. Pasalnya, hampir di setiap daerah yang ada di Indonesia selalu memiliki kuliner khas daerahnya masing-masing. Hal tersebut tentu menjadikan Indonesia sebagai negara yang unik dan memesona di mata dunia.

Apalagi setiap kuliner yang ada juga memiliki cita rasa khas nusantara yang tidak dimiliki oleh negara lain. Selain itu, hal yang menjadikan kuliner Indonesia semakin khas adalah penamaannya yang tidak kalah unik dan mudah diingat.

Bahkan tak jarang banyak ditemukan nama makanan di Indonesia yang diambil dari singkatan. Meskipun nama-nama makanan tersebut sering kali diucapkan, namun tak sedikit orang Indonesia yang baru mengetahui bahwa nama makanan tersebut ternyata berasal dari singkatan.

Dalam hal ini, penamaan singkatan yang digunakan untuk nama makanan Indonesia biasanya berasal dari budaya atau kebiasaan dari orang Indonesia itu sendiri yang suka menyingkat sesuatu agar lebih mudah diingat dan diucap. Sehingga membuat nama makanan tersebut menjadi populer di kalangan masyarakat.

Lantas, apa saja nama makanan Indonesia yang berasal dari singkatan? Berikut 7 makanan Indonesia yang namanya berasal dari singkatan. Check it out!

Kue Putu

Kue putu/Foto: Twitter/@BaseBDG

Beauties, kamu mungkin sudah tidak asing bukan dengan kue putu? Kue putu merupakan kuliner khas tradisional yang bahan dasarnya berasal dari tepung beras, parutan kelapa, dan gula merah. Sehingga rasanya manis dan mengenyangkan. 

Namun, tahukah kamu, Beauties? Nama kue putu ternyata berasal dari singkatan, yakni putu yang berarti "Pencari Uang Tenaga Uap". Penamaan tersebut diambil dari kebiasaan penjualnya, yang mana mereka mengolah kue putu dengan cara mengukusnya di atas uap atau uap panas.

Sehingga ketika penjual kue putu berkeliling menjajakan dagangannya dengan gerobak maka gerobak tersebut akan menghasilkan bunyi khas yang berasal dari proses pengolahan kue putu. Bunyi khas ini biasanya dapat didengar oleh orang-orang yang melewatinya.

Perkedel

Perkedel/Foto: Instagram/@menuseharihari

Perkedel merupakan salah satu jenis lauk pauk yang populer di Indonesia karena selain enak dan mengenyangkan, pembuatan perkedel juga tidak sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan kentang dan telur sebagai bahan dasarnya, kemudian bumbu untuk menambahkan cita rasanya agar lebih umami.

Kepopuleran perkedel ini ternyata tidak luput dari namanya yang mudah diingat dan diucap. Pasalnya, selain pengolahannya yang mudah, nama perkedel juga unik di telinga masyarakat. Hal ini karena nama perkedel ternyata merupakan singkatan dan memiliki kepanjangan dari "Persatuan Kentang dan Telur" yang merujuk pada bahan dasar dari pembuatan perkedel itu sendiri.

Es Doger

Es doger/Foto: Instagram/@bogoreatery

Ketika panas matahari sedang terik memang akan lebih nikmat jika kita minum segelas es. Salah satu es yang paling mudah ditemukan, terutama di pasar dan jalanan umum adalah es doger. Es doger sendiri merupakan kepanjangan dari "Es Dorong Gerobak", yang mana es tersebut dijajakan menggunakan gerobak oleh penjualnya.

Adapun isian dari es doger, meliputi es dan susu yang ditambah dengan tapai, ketan hitam, alpukat, pacar cina, serta sirup. Terkadang ada juga beberapa es doger yang ditambahkan dengan potongan roti berbentuk dadu dan taburan kacang. Meskipun isian dari es doger banyak, namun kamu masih bisa menyesuaikannya dengan seleramu.

Ketoprak

Ketoprak/Foto: dok. detikfood

Makanan selanjutnya yang namanya berasal dari singkatan adalah ketoprak. Ketoprak merupakan kepanjangan dari "Ketupat Taoge Digeprak". Meskipun demikian, bahan dasar dari ketoprak bukan hanya ketupat dan taoge saja. Tetapi, juga ada bihun, tahu, telur, dan siraman bumbu kacang.

Sementara itu, makanan Indonesia satu ini tidak sulit untuk dicari karena ketoprak termasuk salah satu kuliner khas Indonesia yang paling eksis di jalanan umum atau kaki lima. Bahkan harganya untuk satu porsi pun sangat terjangkau, yakni kisaran Rp15 ribu sampai Rp25 ribu saja.

Cuanki

Cuanki/Foto: dok. detikfood

Cuanki merupakan salah satu kuliner khas Jawa Barat yang namanya juga berasal dari singkatan, yakni "Cari Uang Jalan Kaki". Penamaan tersebut diambil dari kebiasaan penjualnya di zaman dahulu dalam menjajakan cuanki secara berkeliling dengan jalan kaki sambil memikul gerobaknya.

Sementara itu, ada juga beberapa sumber yang mengatakan bahwa cuanki berasal dari kata "Choan Kie", yang berarti "mengandung rezeki". Hidangan ini memiliki bahan dasar ikan, daging sapi, dan tepung tapioka yang diberi kuah kaldu. Ada juga tambahan, seperti siomay kukus, siomay goreng, tahu goreng, dan tahu rebus di dalamnya.

Basreng

Basreng/Foto: Twitter/@FOODFESS2

Bagi kamu yang suka membeli camilan di warung pasti sudah tidak asing bukan dengan basreng? Basreng merupakan salah satu camilan khas Sunda yang memiliki kepanjangan "Baso Digoreng". Camilan ini terbuat dari baso ikan yang diiris tipis-tipis, kemudian diolah dengan cara digoreng.

Biasanya, basreng diberi taburan bumbu pedas yang bisa disesuaikan tingkat kepedasannya. Namun, bagi kamu yang tidak suka pedas dan ingin menikmati basreng, bisa dengan memilih bumbu selain pedas. Sebab, saat ini basreng juga menyediakan varian rasa lain seperti keju, rumput laut, dan asin.

Hucap

Hucap/Foto: dok. detikjabar

Beauties, pernahkah kamu mencoba hucap? Hucap merupakan salah satu kuliner Indonesia yang berasal dari Kuningan, Jawa Barat. Hidangan yang menggunakan tahu sebagai bahan dasarnya ini ternyata memiliki nama yang berasal dari singkatan, lho!

Menurut beberapa sumber, singkatan dari nama makanan hucap adalah "Tahu Kecap". Kendati demikian, selain tahu, hucap juga terbuat dari ketupat sebagai bahan dasarnya, yang kemudian diberi siraman saus kacang dan bawang goreng. Biasanya, hucap disajikan sebagai menu sarapan.

Sebagai informasi, tahu yang digunakan pada hucap merupakan tahu buatan Kuningan. Pemilihan tahu tersebut diyakini karena bentuknya yang lebih padat dan rasanya yang gurih.

Nah, Beauties itulah tadi 7 makanan Indonesia yang namanya berasal dari singkatan. Adakah yang baru kamu tahu?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Adblock test (Why?)


7 Nama Makanan Indonesia yang Berasal dari Singkatan, Ada Kue Putu-Hucap - beautynesia
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...