Rechercher dans ce blog

Friday, January 5, 2024

Resep Kue Gabin Isi Tape untuk Teman Minum Kopi di Rumah - IDN Times

Apakah kamu salah satu anak yang lahir pada tahun 1990-an? Kalau iya, kamu pasti pernah cobain yang namanya kue gabin. Populer pada 1990—2000-an, kue gabin ini asalnya dari Samarinda.

Sekilas tampilan kue gabin ini seperti sandwich. Bedanya, alih-alih terbuat dari roti dan aneka isian, kue gabin terbuat dari fla atau tape yang diapit dengan dua keping biskuit gabin.

Saat ini, menemukan kue gabin di warung memang sudah agak susah. Namun, kamu bisa bikin kue gabin sendiri di rumah, lho. Dengan resep kue gabin isi tape ini, kamu bisa menjadikannya camilan penghilang bosan di rumah.

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Gabin Tape Frozen, Bisa Digoreng Kapan Saja

Cara Membuat

Resep Kue Gabin Isi Tape untuk Teman Minum Kopi di Rumahgambar biskuit gabin yang diberi isian (youtube.com/Chalistaa Kitchen)

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  1. Panaskan panci kukusan. Setelah panci panas, masukkan tapai singkong dan kukus selama 10—15 menit. Tujuannya supaya tekstur tapai singkongnya jadi lebih lembut. Setelah 15 menit, angkat dan diamkan sampai dingin.
  2. Tapai singkong sudah dingin, lalu hancurkan menggunakan sendok atau garpu. Jangan lupa dibuang juga bagian akar singkong yang ada di tengahnya.
  3. Setelah singkong hancur dan teksturnya lembut, tambahkan tepung terigu, gula pasir, dan susu kental manis.
  4. Kalau mau rasanya lebih manis, kamu bisa menambahkan lebih banyak susu dan gulanya. Aduk rata sampai semua bahan tercampur. Ambil satu keping biskuit gabin, isi seluruh permukaannya dengan adonan tapai singkong.
  5. Tutup adonan dengan biskuit gabin lain, lalu isi pinggirannya biskuit dengan adonan. Ratakan pinggirannya dengan sendok supaya adonan tapai gak berantakan. Ulangi langkah ini sampai seluruh adonan tape singkong habis.
  6. Siapkan wajan, tuang minyak goreng dalam jumlah cukup banyak tergantung pada jumlah kue gabin yang kamu buat.
  7. Setelah minyak panas, masukkan biskuit gabin yang sudah diisi dengan adonan tadi. Goreng selama 5—10 menit dengan api sedang atau sampai isian tengahnya kering.
  8. Angkat kue gabin isi tape yang sudah jadi dan tiriskan sebentar. Setelah kue gabin isi tapenya sudah tiris dari minyak dan gak terlalu panas, pindahkan ke piring.
  9. Kue gabin isi tape singkong sudah siap dinikmati.

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Tape Singkong supaya Tahan Lama

Tips Memilih dan Menyimpan Tapai Singkong

Resep Kue Gabin Isi Tape untuk Teman Minum Kopi di Rumahgambar tape singkong (instagram.com/verajj)

Sekilas, semua tapai singkong terlihat sama. Namun sebenarnya, tapai singkong terdiri dari dua jenis tergantung singkong yang digunakan. Tapai singkong berwarna kuning berasal dari singkong mentega. Tekstur tape jenis ini lebih lembut, sehingga cocok diolah untuk jadi berbagai jenis makanan, seperti bolu. Tapai jenis lainnya memiliki warna agak putih. Meski sama-sama lembut, tape putih biasanya sedikit kering dan rasanya gak semanis tape yang kuning.

Supaya gak salah pilih, salah satu cara paling mudah untuk memilih tapai singkong adalah dengan mencium aromanya. Tapai singkong berkualitas aromanya wangi. Namun, seiring waktu, tapai singkong yang didiamkan terlalu lama aromanya akan semakin kuat. Jadi, kalau ingin memilih tapai yang kualitasnya masih bagus, maka pilih yang aromanya harum.

Selain aroma, tekstur tapai singkong juga menunjukkan kualitasnya. Tapai singkong yang siap dikonsumsi teksturnya lembut dan empuk. Rasanya manis dan sedikit asam. Kalau tapai singkong yang kamu beli masih keras, itu artinya proses fermentasi belum selesai. Untuk mengonsumsinya, kamu perlu mendiamkan tapai singkong selama beberapa hari sampai proses fermentasinya selesai dan lebih empuk.

Resep kue gabin isi tape ini cocok banget buat kamu yang mau ngemil tapi gak mau repot. Bahan dan cara buatnya gampang banget. Kamu juga gak perlu waktu lama untuk membuatnya.

Baca Juga: Resep Gabin Isi Ragout Ayam, Ada Perpaduan Manis dan Gurih

Adblock test (Why?)


Resep Kue Gabin Isi Tape untuk Teman Minum Kopi di Rumah - IDN Times
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...