Rechercher dans ce blog

Thursday, July 27, 2023

Ribuan Kue Dibagikan Gratis di Festival Apangi ke-8 Kelurahan Dembe-Gorontalo, Makan Sepuasnya - Tribun Gorontalo

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo -- Seperti biasanya, Festival Apangi ke-8 di Kelurahan Dembe, Kota Barat Gorontalo akan ada agenda bagi-bagi kue gratis.

Sesuai namanya, kue yang akan dibagikan yakni kue Apangi atau kue Apem.

Festival Apangi ke-8 digelar hari ini, Kamis (27/7/2023) malam. Sejak pagi, masyarakat Dembe I berlomba-lomba memasak kue Apangi yang dihias sedemikian rupa.

Baca juga: Resep Apangi, Kuliner Gorontalo yang Disantap dengan Saus Gula Merah

Festival Apangi merupakan acara tahunan yang digelar setiap 10 Muharam atau tahun baru islam, yang diikuti sebagian besar masyarakat Dembe Satu.

Farida Yusuf (42), warga yang turut berpartisipasi pada Festival Apangi mengakui, dirinya menyediakan sekitar ribuan kue apangi.

“Setiap rumah pasti buat kue apangi, dan itu kita bagikan kepada setiap masyarakat yang datang seperti dari Limboto, Bongomeme, Tilango yang datang ke rumah kami kita bagi,” kata Farida.

Adapun adonan pembuatan kue apangi tersebut tergolong mudah di dapatkan di antaranya terigu, tepung beras, susu, dan pewarna makan.

Baca juga: Sambut Festival Apangi, Warga Dembe Satu Ini Sajikan 3000 Kue Apangi

“Alhamdulillah hari ini kami buat sekitar 60 kg adonan kue apangi, sekitar ribuan kue, karena adonan 7,5 Kg itu menghasilkan 450 kue apangi,” katanya. 

Pada tahun ini pula pembuatan apangi oleh farida mengalami peningkatan di banding dengan tahun sebelumnya.

“Tahun ini ada peningkatan, karena pengalaman kemarin kita kehabisan apangi untuk dibagikan ke masyarakat, maknya tahun ini kita lebihkan,”

Selain itu varian rasa yang disediakan pun beragam di antaranya Original, Pandan, Anggur, hingga Durian.

Agar lebih menarik, masyarakat juga membentuk kue Apangi sesuai kreasi mereka masing-masing. Ada yang berbentuk bulat, segitiga, hati, hingga bentuk bintang.(*)

Adblock test (Why?)


Ribuan Kue Dibagikan Gratis di Festival Apangi ke-8 Kelurahan Dembe-Gorontalo, Makan Sepuasnya - Tribun Gorontalo
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...