Rechercher dans ce blog

Thursday, September 7, 2023

7 Kue Khas Lampung, Ada Lapis Legit! - detikSumbagsel

Bandar Lampung -

Siapa yang tidak tahu Lampung? Provinsi Lampung yang terletak di ujung Sumatera bagian selatan, sebagai gerbang Sumatera. Bumi lada ini juga terkenal dengan wisata kuliner yang menggugah selera.

Dilansir dari buku Menyeruit, Yuk! Kuliner Lampung karya dari Dian Anggraini. Setiap daerah pastinya memiliki makanan khasnya masing-masing, Lampung juga memiliki kue khas Lampung yang bisa dibawa untuk oleh-oleh.

Berikut 7 Kue Khas Lampung yang detikers harus ketahui.

Pie Pisang

Tidak hanya kue tradisional, Lampung juga memiliki kue modern. Pie pisang merupakan makanan pertama di Indonesia. Makanan yang rasanya merupakan perpaduan Asia dan Eropa yang menghasilkan cita rasa makanan yang unik.

Lampung merupakan sentra hortikultura di Indonesia. Setiap tahunnya lampung memasok aneka jenis pisang untuk kebutuhan nasional dan internasional.

nadine wibowo pie pisangIlustrasi pie pisang. Foto: Detikfood

Geguduh

Geguduh tetap mendapatkan tempat dihati masyarakat Lampung. Geguduh yang memiliki rasa yang manis karena bahan dasar pisang yang sudah matang. Dengan ditemani secangkir teh atau kopi, geguduh semakin nikmat disantap di sore hari. Geguduh tidak dapat di jumpai di toko kue, karena berjenis makanan olahan rumah yang mudah untuk dibuat.

Sekubal

Sekubal merupakan kue khas Lampung yang disajikan saat berbuka puasa dan lebaran. Makanan ini berbahan dasar ketan dan santan. Proses memasak sekubal ini harus telaten agar proses pematangan sempurna.

Lapis Legit

Lapis Legit ini sangat mudah kita temui di berbagai daerah. Ternyata, kue yang satu ini merupakan makanan khas daerah Lampung lho detikers.

Lapis legit ini aslinya menggunakan resep dari Belanda. Oleh masyarakat Lampung, kue ini diolah dengan rempah-rempah asli Lampung. Di antaranya Kapulaga dan kayu manis yang membuat rasanya semakin legit dan unik juga beraroma khas. Dahulu kala kue ini disajikan hanya pada saat-saat tertentu saja, seperti perayaan, acara adat, atau hari raya.

lapis legitIlustrasi lapis legit Foto: Instagram

Engkak

Engkak diibaratkan saudara kembar dari lapis legit, engkak juga memiliki rasa yang tak kalah istimewa. Perpaduan antara tepung ketan, santan, dan gula membuat engkak mendapat tempat spesial di hati para kuliner.

Kue Tat

Para pecinta kuliner harus mencoba kue tradisional Lampung ini. Yang berasal dari Pesisir Barat Lampung. Kue tat memiliki aroma rempah dan legitnya selai nanas yang berpadu menjadi satu.

Kue ini menjadi ciri khas masyarakat Pesisir. Kue ini dihidangkan setiap perayaan, acara adat, maupun lebaran, bahkan menjadi buah tangan bagi tamu yang berkunjung. Kue taat ini menyerupai kue nastar, hanya saja berbeda ukuran dan bentuknya. Bahkan kue ini berbentuk bundar juga memiliki ukiran.

Serabi Krui

Kue yang satu ini dapat kita temui di Kabupaten Pesisir Barat. Tidak hanya Jawa Barat yang terkenal dengan serabinya, namun Lampung juga memiliki jenis serabi yang serupa dengan sebutan Serabi Krui.

Kue ini menjadi daya tarik wisatawan yang datang kesana. Kue ini sebagai panganan yang wajib dinikmati. serabi akan lebih nikmat jika diolah secara tradisional. Dengan menggunakan kayu bakar. Aroma asap kayu bakal membuat kue serabi menjadi khas.

Artikel ini ditulis Muthi' Nur Hanifah, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detik.com.

Simak Video "Eks Kabid BKD Lampung Akui Aniaya Pegawai Magang hingga Masuk RS"
[Gambas:Video 20detik]
(des/des)

Adblock test (Why?)


7 Kue Khas Lampung, Ada Lapis Legit! - detikSumbagsel
Read More

No comments:

Post a Comment

10 Makanan Khas yang Wajib Ada Saat Imlek - detikJatim

Daftar Isi Surabaya - Saat Imlek tiba, meja makan dipenuhi dengan beragam hidangan yang melambangkan harapan dan keberuntungan untuk tah...